Spek Mobil Dinas AHY yang Jabat Menteri ATR: Konsumsi BBM Tembus 1:20,8!

Spek Mobil Dinas AHY yang Jabat Menteri ATR: Konsumsi BBM Tembus 1:20,8!
Spek Mobil Dinas AHY yang Jabat Menteri ATR: Konsumsi BBM Tembus 1:20,8!
banner 468x60

Nagabola.news – Menjabat sebagai menteri, AHY mendapat mobil dinas berupa Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Berikut spek mobil hybrid yang punya konsumsi BBM 1:20,8 itu.
Agus Harimurti Yudhoyono telah resmi dilantik sebagai Menteri ATR/BPN menggantikan Hadi Tjahjanto. Menjabat sebagai menteri, AHY bakal ditemani kendaraan dinas Toyota Crown 2.5 HV G-Executive untuk menunjang aktivitasnya sebagai pembantu presiden.

Untuk diketahui, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid dipercaya menjadi kendaraan dinas menteri dan pejabat setingkat menteri periode 2019-2024. Sedan ramah lingkungan ini menggantikan model sebelumnya Toyota Crown Royal Saloon yang telah mengabdi selama 1 dekade antara tahun 2009 – 2019.

Read More
banner 300x250

Mobil ini terpilih melalui mekanisme tender umum dengan menggunakan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Kala itu, PT Astra International Tbk-TSO sebagai pemenang tender menyediakan 101 unit Toyota Crown 2.5 HV G-Executive untuk para ‘pembantu’ Jokowi. Total nilai lelang sebesar Rp 147.229.317.000.

Bicara spesifikasi, mengusung teknologi hybrid, mobil ini terbilang ramah lingkungan. Dikutip laman resmi Toyota Astra Motor, selain mengusung teknologi ramah lingkungan, Toyota Crown menggunakan platform Toyota New Global Architecture(TNGA) yang mengusung 3 pilar yakni Agility,Stability, dan Visibility. Fungsinya ialah untuk memperkuat struktur sasis guna meningkatkan performa kendaraan hingga titik terbaiknya, dan untuk menonjolkan keunikan fitur setiap model agar dapat mempertegas daya pikatnya sehingga selalu tampil berkharisma, berpadu dengan keamanan, kenyamanan dan efisiensi yang optimal.

Tampilan eksterior, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid tampak dengan desain grille besar yang mengintrusi bumper depan, logo mahkota dengan aksen berwarna biru sebagai simbol kendaraan ramah lingkungan, deretan lampu LED dengan desain futuristik baik di area depan maupun di belakang, serta penggunaan velg alloy ukuran 18 inchi.

Sementara di bagian interior, berbeda total dari model yang digantikan. Terlihat jelas pada penggunaan dual touch panel monitor di tengah dashboard yang menampilkan ragam informasi, termasuk skema kerja Hybrid Synergy Drive(HSD) II, kemudi three-spoke dengan berbagai tombol pengatur seperti cruise control, AC climate control triple zone,dan sistem audio disertai fitur kenyamanan dan kemudahan seperti pemutar DVD Blu-ray, TV digital, Bluetooth, dan Wifi.

Di balik dapur pacunya, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid mengusung mesin berkode A25-FXS. Mesin berkapasitas 2.487 cc Dynamic Force Engine itu bisa menyemburkan tenaga 184 PS pada 6.000 rpm dan torsimaksimum221 Nm pada 3.800-5.400 rpm. Untuk tenaga listrik, Toyota Crown mengaplikasikan electric motordenganpower143 PS dan torsi 300 Nm sejak pedal gas diinjak. Menggunakan transmisi Electronically Controlled CVT, sedangkan baterai memakai jenis Nickel-metal Hydride (Ni-MH).

Sinergi antara motor listrik dan motor bakar lewat kendali HSD II yang efisien membuat mobil dengan radius putar 5,3 meter ini mencatat konsumsi bensin yang efisien. Menggunakan standar pengetesan JC08, konsumsi bahan bakarnya sekitar 20,8 km/L. Selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar, Toyota Crown juga memiliki emisi yang rendah yang menjadikannya lebih ramah lingkungan yaitu 112.0 g/km.

Fitur sedan ramah lingkungan ini terbilang lengkap. Mulai dari SRS airbag pada driver and passenger seat,driver knee, driver and passenger side dan curtain shield pada kabin depan dan belakang, termasuk sasis TNGA yang diperkuat di beberapa sisi untuk meredam dampak tumbukan.

Toyota juga sudah membekali Crown 2.5 HV G-Executive ini dengan Toyota Safety Sense 2.0. Fitur itu di antaranya berisi Pre-Collision System, Lane Departure Alert, Automatic High Beam, Dynamic Radar Cruise Control, Blind Spot Monitoring, dan Tire Pressure Warning System.

source :Detik

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *