OJK: 6 Leasing dan 5 Pinjol Kurang Modal

banner 468x60

Nagabolanews – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan bahwa masih terdapat enam pemain leasing dan lima penyelenggara pinjaman online (pinjol) yang belum memenuhi ketentuan ekuitas minimum yang diminta regulator.

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan lainya OJK Agusman mengatakan bahwa berdasarkan hasil pemantuan per Februari 2024, terdapat enam perusahaan dari 146 perusahaan perusahaan pembiayaan yang belum mampu memenuhi ketentuan ekuitas.

Kemudian, juga masih ada lima platform dari 101 penyelenggara finnancial technology peer-to-peer (fintech P2P) lending yang belum memenuhi ketentuan terkait ekuitas minimum tersebut.
“Untuk P2P lending, 1 dari 5 penyelenggara fintech P2P lending sudah melakukan penyetoran modal, namun masih harus memenuhi kelengkapan administrasi yang di perlukan,” ungkap Agusman dalam konferensi pers rapat dewan komisioner bulanan OJK Februari secara daring.

Sementara itu, lanjut Agusman, untk empat penyelenggara fintech P2p lending lainnya masih terus berupaya memenuhi ketentuan permodalan yang di maksud.

Agusman memastikan bahwa pihaknya terus memonitor pemenuhan ekuitas dan realisasi aksi yang telah disampaikan kepada regulator. Rencana aksi yang dimaksud antara lain berupa injeksi modal dari pemegang saham pengendali (PSP), dari strategic investor yang baru baik lokal maupun asing, atau pengembalian izin usaha.

“OJK telah memberikan sanksi administratif kepada perusahaan pembiayaan dan P2P lending yang belum memenuhi permodalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tutup Agusman.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *