Fri. Oct 7th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Vladimir Putin Disebut Ingin Kuasai Ukraina

1 min read

Jakarta – Presiden Rusia Vladimir Putin dituding masih ingin menguasai sebagian besar wilayah Ukraina, jika tidak bisa semuanya. Namun, Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan Amerika Serikat Colin Kahl pada Selasa, 14 Juni 2022, mengatakan Presiden Putin terpaksa harus mempersempit tujuan taktisnya dalam perang.

“Saya masih berpikir dia memiliki desain di sebagian besar Ukraina, jika tidak seluruh negara. Yang ingin saya katakan, saya tidak berpikir dia bisa mencapai tujuan itu,” kata Kahl, seperti dikutip dari Reuters, Rabu, 15 Juni 2022.

Berbicara di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Pusat Keamanan Amerika Baru, Kahl menambahkan, Rusia mungkin saja membuat keuntungan taktis di sana-sini. Akan tetapi Ukraina pasti bertahan.
“Saya tidak berpikir Rusia memiliki kapasitas untuk mencapai tujuan muluk itu,” imbuhnya.
Rusia menginvasi Ukraina sejak 24 Februari 2022. Sudah lebih dari 100 hari, peperangan antara kedua negara masih terus berlangsung.
Puluhan ribu warga sipil dan militer jatuh dalam perang. Jutaan warga Ukraina mengungsi keluar dari negaranya. Konflik di Eropa timur ini juga berdampak pada meningkatnya ancaman krisis pangan dan energi global.
Di medan perang, tentara Ukraina melakukan perlawanan keras sehingga tentara Rusia yang sudah bergerak maju ke utara Ukraina mendekati Kyiv, dipaksa mundur lagi ke timur. Pasukan Ukraina saat ini memperjuangkan setiap meter wilayah dari Sievierodonetsk di Luhansk.
Negara-negara Barat membantu Ukraina dengan menjatuhkan sanksi ke Moskow. Pasokan senjata dan bantuan-bantuan kemanusiaan juga diberikan pada Ukraina oleh negara-negara sahabat.
Moskow selalu membantah melakukan operasi militer dengan membunuh warga sipil. Rusia meyakinkan apa yang dilakukan di Ukraina adalah demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina.

Baca juga !