Wed. Dec 7th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Tren Berubah, Kini Banyak Kaum Muda Meninggal karena Corona di Brasil

1 min read

Brasilia –

Pandemi virus Corona (COVID-19) di Brasil pada awalnya banyak menginfeksi dan menewaskan warga lanjut usia. Namun sejak awal tahun ini, trennya berubah dengan lebih banyak kalangan muda yang sakit parah dan meninggal akibat Corona.

Seperti dilansir CNN, Kamis (25/3/2021), para dokter unit perawatan intensif (ICU) di berbagai wilayah Brasil beberapa waktu terakhir terus menuturkan hal yang sama kepada CNN, yakni mereka merawat lebih banyak pasien muda dalam gelombang terbaru Corona.

“Kami memiliki pasien-pasien sehat yang berusia antara 30 tahun hingga 50 tahun, dan itulah profil sebagian besar pasien,” ungkap Dr Pedro Archer, seorang dokter ICU berusia 33 tahun di sebuah rumah sakit umum di Rio de Janeiro.

“Itulah pembeda yang besar dalam gelombang terbaru ini,” sebutnya.

“Jumlah kasus infeksi serius jauh lebih tinggi dibandingkan gelombang pertama,” tutur Dr Luan Matos de Menezes, seorang dokter ICU di sebuah rumah sakit umum di Manaus, saat berbicara kepada CNN pada Januari lalu.CNN telah berbicara dengan nyaris selusin dokter dan perawat ICU sejak pertengahan Januari lalu, di berbagai rumah sakit di Brasil. Masing-masing dari mereka mengatakan tempat tidur ICU diisi oleh lebih banyak pasien muda.

“Anda bisa melihat bahwa kondisi mereka jauh lebih kritis,” imbuhnya.

Kementerian Kesehatan Brasil merilis data statistik nasional soal usia para pasien Corona. Analisis AFP dari data kementerian itu mendapati bahwa jumlah orang yang berusia 30-59 tahun menyumbang sekitar 27 persen kematian Corona selama tiga bulan terakhir, atau meningkat 7 persen dari angka sebelum Desember tahun lalu.

Baca juga !