Fri. Dec 9th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Tidak Hanya untuk Ibu Hamil, Asam Folat juga Penting Bagi Kesehatan Tubuh Pria

2 min read

Selama ini asam folat lebih dikenal sebagai ‘nutrisi wanita’ karena memang dibutuhkan selama kehamilan. Padahal, pria pun membutuhkannya untuk kesehatan keseluruhan.

Untuk menunjukkan betapa pentingnya nutrisi satu ini, berikut penjelasan tiga cara folat memengaruhi kesehatan tubuh, dilansir Mind Body Green:

1. Untuk membantu siklus metilasi

Metilasi adalah proses fisiologis kompleks yang mendukung kesehatan jantung, fungsi kognitif, kesejahteraan emosional, produksi DNA dan RNA, epigenetik, dan banyak lagi.

Asam folat secara langsung memungkinkan siklus metilasi berjalan dengan lancar sebagai nutrisi yang diperlukan untuk konversi homosistein menjadi metionin.

Homosistein adalah asam amino (alias bahan penyusun protein) yang sangat penting dalam tubuh.

Dalam bentuk aktifnya yang dimetilasi (yaitu, 5-MTHF), asam folat mengatur metabolisme homosistein (menjaganya tetap berjalan), sehingga kita dapat memiliki kadar homosistein yang sehat.

Ilustrasi asam folat pada sayuran hijau (pixabay)

2. Mendukung respons imun usus

Sebagian besar (sekitar 70%) sistem kekebalan hidup di saluran pencernaan, yang disebut sebagai jaringan limfoid terkait usus atau Gut-Associated Lymphoid Tissue (GALT).

Secara khusus, asam folat terlibat dalam regulasi kekebalan usus. Vitamin esensial yang larut di dalam air ini meningkatkan kelangsungan hidup sel T (jenis sel darah putih)di usus kecil.

Asam folat bekerja berdampingan dengan vitamin B6 dan B12 untuk menjaga usus tetap sehat.

3. Meningkatkan fungsi otak dan kesehatan mental

Asam folat juga sangat penting untuk sistem saraf pusat, mendukung perkembangan dan fungsi otak serta kesehatan emosional.

Nutrisi ini snagat penting untuk produksi neurotransmiter, seperti serotonin, melatonin, dopamin, noradrenalin, dan adrenalin. Sebagian besar ini berkaitan dengan siklus metilasi.

Artinya, asupan asam folat yang cukup dan setiap hari dapat bermanfaat dalam segala hal, mulai dari suasana hati hingga stres.