Fri. Dec 9th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Tentara Thailand Sanggah Tuduhan Suplai Beras ke Militer Myanmar

1 min read

Bangkok –

Tuduhan yang dilayangkan kepada pihak tentara Thailand terkait pasokan beras ke unit-unit angkatan bersenjata Myanmar ditolak keras. Tentara Thailand menyebut setiap makanan yang dikirim ke perbatasan adalah bagian dari perdagangan normal.

Seperti dilansir dari Reuters, Minggu (21/3/2021) tuduhan suplai beras pertama kali dilaporkan sebuah media lokal Thailand yang dikutip dari seorang pejabat keamanan setempat yang tak diketahui identitasnya. Disebutkan bahwa tentara Thailand telah memasok 700 karung beras ke unit-unit tentara Myanmar di perbatasan timur Myanmar, dan dilakukan atas perintah pemerintah Thailand.

“Tentara Thailand tidak memasok apapun ke tentara Myanmar dan tidak ada kontak dari tentara Myanmar yang meminta bantuan dari kami karena mereka memiliki kehormatan sendiri,” kata Komandan Pasukan Naresuan, Mayor Jenderal Amnat Srimak, dalam sebuah pernyataan.

“Jika ada sesuatu, saya pikir itu adalah perdagangan reguler di penyeberangan perbatasan seperti biasa,” imbuh Amat. “Kami tidak memblokir ini jika tindakan tersebut tidak melanggar hukum dan mengikuti prosedur bea cukai.”

Militer Myanmar terus menghadapi kecaman internasional sejak mengambilalih kudeta 1 Februari dan melakukan tindakan kekerasan kepada demonstran anti-kudeta yang kini menewaskan hampir 250 orang.

Sementara itu, pemerintah Thailand menyuarakan keprihatinan atas pertumpahan darah tersebut.

Bantuan langsung Thailand kepada militer Myanmar kemungkinan akan menuai kecaman dari para pendukung pemerintahan sipil Aung San Suu Kyi.

Media Thailand mengatakan unit militer Myanmar yang ditempatkan di dekat perbatasan telah ditindak oleh pasukan Persatuan Nasional Karen (KNU), kelompok pemberontak etnis minoritas yang menyetujui gencatan senjata dengan pemerintah Myanmar pada tahun 2012.

Baca juga !