Mon. Sep 26th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Taiwan akan Produksi 1.000 Rudal Antikapal Perang yang Jago di Selat

2 min read

 Kementerian Pertahanan Nasional berencana untuk melawan Angkatan Laut China dengan memproduksi lebih dari 1.000 rudal anti-kapal selama lima tahun ke depan. Hal itu disampaikan seorang pejabat Taiwan yang tidak disebutkan namanya.

Komentar itu muncul setelah Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China memulai serangkaian latihan militer dalam simulasi blokade Angkatan Laut Taiwan setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taipei.

Meskipun China dalam beberapa tahun terakhir dengan cepat memproduksi banyak kapal perang namun kapal-kapal besar tersebut dianggap lebih cocok untuk berperang di laut lepas daripada di selat Taiwan yang sempit.

Sistem radar dan unit rudal antikapal Taiwan dapat melacak kapal perang besar atau menengah dengan relatif mudah di perairan dekat stasiunnya.

Melansir dari Taipei Times, Senin, 15 Agustus 2022, kemampuan ini sudah dibuktikan dengan kinerja mereka selama mendeteksi latihan AL China tersebut.

Kapal perusak rudal kelas 052 China dianggap tidak efektif dalam pertempuran atau tenggelam setelah dihantam oleh empat rudal anti-kapal. Sementara dua rudal seharusnya cukup untuk kapal yang lebih kecil.

Menurutnya, torpedo yang menyerang kapal di bawah garis airnya akan menyebabkan kerusakan yang lebih besar dibandingkan dengan rudal.

Ketika rencana peningkatan daya tempur laut-udara mulai berlaku, Taiwan memulai produksi massal rudal yang dirancang secara lokal dari tahun 2022 hingga 2026.

Di bawah rencana lima tahun, Institut Sains dan Teknologi Chungshan Taiwan akan memproduksi 70 rudal Hsiung Feng III/IIIE per tahun. Sementara 131 rudal Hsiung Feng II dan Hsiung Sheng dapat diproduksi setiap tahun dengan berbagi jalur perakitan.

Selain itu Taiwan diperkirakan akan menerima 100 peluncur rudal Harpoon dan 400 rudal dari AS yang akan dikerahkan bersama dengan sistem buatan dalam negeri.

Kemampuan Taiwan untuk mengerahkan beberapa jenis rudal akan meningkatkan kemungkinan menghancurkan kapal dan memastikan bahwa China akan membayar harga yang mahal jika berani mencoba menyerang Taiwan.

Baca juga !