Fri. Oct 7th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Survei SMRC Mei: 73,9 Persen Responden Puas Kinerja Jokowi

2 min read

Jakarta -Direktur Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani mengatakan mayoritas masyarakat puas dengan kinerja kinerja Jokowi. Sedangkan yang tidak puas jauh lebih rendah daripada yang menyatakan tidak puas.

“Yang mengatakan puas jauh lebih banyak dari yang mengatakan tidak puas. Yang puas dengan kinerja presiden sebanyak 73,9 persen dan yang tidak puas hanya 24,3 persen” ujarnya dalam konferensi pers virtual melalui kanal YouTube SMRC TV, Kamis, 9 Juni 2022.

Selain itu responden menilai keadaan ekonomi nasional 38,1 persen baik, 35,5 persen sedang, dan 24,5 persen buruk. Lalu kondisi politik 36 persen mengatakan baik, 36 persen mengatakan sedang, dan 18,7 persen mengatakan buruk.

Pada kondisi keamanan, 63,6 persen mengatakan baik, 25,1 persen mengatakan sedang, dan 9 persen mengatakan buruk. Adapun kondisi penegakkan hukum 47,9 persen dibilang baik, 28 persen dikatakan sedang, dan 21,2 persen mengatakan buruk.

“Kinerja Pak Jokowi secara umum positif, penilaian dari sisi ekonomi, sisi politik, kondisi keamanan, dan penegakan hukum yang mengatakan baik jumlahnya lebih banyak dibanding yang mengatakan buruk,” ujarnya.

Deni mengatakan, hasil tersebut jauh lebih tinggi daripada bulan Mei. Menurut dia, survei bulan lalu menunjukkan angka kepuasan terhadap kinerja Jokowi hanya di angka sekitar 60 persen. “Saya kira cukup tinggi daripada bulan lalu, saat itu hanya 60 persenan kinerja Pak Jokowi (dinilai baik),” ujarnya.

Kinerja pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 juga memuaskan responden sebesar 72 persen dan yang tidak puas sebanyak 25,9 persen. Sedangkan kinerja pemerintah dalam pemulihan ekonomi sebanyak 62,7 persen dikatakan puas dan 34,6 persen menyatakan tidak puas.

SMRC memilih sebanyak 1.060 responden berumur 17 tahun ke atas untuk diwawacarai. Pemilihan menggunakan multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,07 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Para responden terpilih kemudian diwawancarai secara tatap muka ihwal kinerja jokowi. Waktu wawancara responden dilakukan dari 10-17 Mei 2022.

Baca juga !