Wed. Jul 28th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Sumber Rahasia MPL Tepis Isu Kontrak Ekslusif & Monopoli Ekosistem Esports

1 min read

Belakangan Mobile Legends dan MPL diguncang dengan isu kontrak ekslusif. Ringkasnya, pihak MPL memberikan kontrak yang melarang organisasi esports yang berpartisipasi di MPL memiliki divisi di titel esports selain Mobile Legends. Hal ini menimbulkan asumsi kalau Moonton berniat untuk memonopoli ekosistem esports.

Dilansir dari WTM Today Malaysia, mereka mendapat informasi dari sumber rahasia yang bekerja dekat dengan MPL, menyatakan bahwa tidak pernah ada peraturan di MPL yang menghalangi organisasi esports untuk berpartisipasi dalam kompetisi di luar Mobile Legends.

“Panduan MPL tidak pernah meminta organisasi esports untuk bersifat ekslusif. Contohnya, jika organisasi A mempunyai pasukan untuk bermain dalam MPL Indonesia, organisasi itu juga boleh bertanding dalam turnamen Wild Rift,” ucap narasumber yang enggan disebut identitasnya kepada WTM Today.

Tambahnya, diakui memang ada beberapa tim yang punya kerjasama komersial dengan Moonton. Namun, tiap organisasi punya hak untuk menolak dan tetap bisa berkompetisi di ajang MPL. Kontrak tersebut jadi cara bagi tim dan MPL untuk memberikan pendapatan tambahan untuk organisasi yang memilih terikat.


Source: Facebook. (CEO Team Secret Menanggapi Rumor Kontrak Ekslusif MPL)

Untuk tim yang menerima tawaran kontrak MPL, mereka masih boleh berpartisipasi di turnamen esports lainnya ketika musim MPL sedang berjalan. Isu ini mendapat banyak tanggapan negatif dari komunitas dan organisasi esports. Kebanyakan mengutarakan ketidaksetujuannya dengan kebijakan MPL yang dianggap terlalu memaksa.

Semoga ada pengumuman resmi terkait kontrak yang dimaksud dari MPL supaya tidak simpang siur dan fans tidak berasumsi liar.