Tue. Dec 6th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Strategi Gila Jadi Kunci Pertumbuhan Pesat Poco di Indonesia

2 min read

Jakarta –

Umur Poco di Indonesia memang belum genap tiga tahun, namun pertumbuhannya pada 2020 bisa dibilang sangat pesat.

Produk terbarunya di Indonesia adalah Poco M3, yang mereka sebut sebagai ‘The New Entry Level Killer’, alias ‘pembunuh’ ponsel kelas entry level. Dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan, rasanya itu bukanlah sebuah klaim kosong.

“Dalam waktu 2,5 tahun Poco menjadi brand smartphone baru yang menjanjikan,” ujar Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia saat meluncurkan Poco M3 beberapa waktu lalu.

Sebagai saudaranya Xiaomi, yang notabene adalah brand yang punya produk dengan harga miring dibanding rivalnya, tentu Poco harus punya sesuatu yang beda untuk bisa menggaet konsumen.

Strategi ini tak cuma menawarkan harga yang miring, namun juga menawarkan ponsel dengan fitur-fitur yang dibutuhkan saja. Alhasil harganya pun bisa lebih murah lagi.

“Filosofi produk Poco cukup berbeda, menawarkan semua yang Anda butuhkan dan bukan yang tidak. Hal itu karena fokus dan pengalaman murni yang memungkin kami menawarkan performa tak terkalahkan dengan harga yang gila,” tambah Alvin.

Hal inilah yang membuat Poco, menurut Alvin, bisa menyandang status sebagai brand killer yang bisa mendisrupsi pasar ponsel. Alias brand yang bisa menawarkan produk-produk yang lebih murah dibanding pesaing sekelas, atau bahkan lebih tinggi.

Alvin pun berani menyebut bahwa Poco adalah brand ponsel dengan pertumbuhan paling cepat di Indonesia.

Strategi ini bisa diterapkan Poco karena mereka diberikan ‘kebebasan’ oleh Xiaomi. Yaitu tak terikat dengan target finansial dari induknya, yang diungkap Alvin ketika merilis Poco X3 NFC beberapa bulan lalu.

“Yang mau dilakukan oleh Poco adalah, dengan dukungan Xiaomi, punya kebebasan untuk mempromosikan hal berbeda. Poco juga tak harus memenuhi target finansial, jadi Poco akan selalu disruptif,” ujarnya kala itu.

Saat pertama masuk ke Indonesia, Poco saat itu merilis Poco F1 yang disebut sebagai flagship killer. Kini mereka punya ‘killer’ untuk setiap kelas. Yaitu Poco F2 Pro untuk kelas flagship, Poco X3 NFC untuk midrange, dan Poco M3 untuk kelas entry level.