Wed. Jun 29th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Siap Meluncur, Realme 9 Pro Lolos Sertifikasi di Beberapa Negara

2 min read

Kabar mengenai keberadaan Realme 9 series disebarkan oleh leaker secara masif di kuartal keempat 2021. Sebuah perangkat misterius yang diyakini sebagai Realme 9 Pro telah lolos sertifikasi TKDN Kemenperin.

Tak hanya di Indonesia, Realme 9 series diketahui juga lolos sertifikasi pada beberapa negara. Dilihat dari laman resmi P3DN Kemenperin, perangkat dengan kode Realme RMX3472 telah lolos sertifikasi dengan mengantongi nilai TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebesar 31.85 persen.

HP baru Realme ini memiliki nomor sertifikat “11426/SJ-IND.8/TKDN/12/2021“. Berdasarkan bocoran sebelumnya, keluarga Realme 9 series diharapkan terdiri dari Realme 9, Realme 9 Pro, Realme 9i, dan Realme 9 Pro Plus.

Leaker bernama Mukul Sharma (@stufflistings) pernah menginformasikan bahwa model RMX3392 telah lolos sertifikasi di BIS India. Model RMX3392 diyakini sebagai Realme 9 Pro Plus.

Leaker memprediksi bahwa keluarga Realme 9 series dapat debut pada kuartal pertama 2022. Bocoran dari leaker sepertinya mendekati kenyataan mengingat perangkat yang tergabung di dalam Realme 9 series satu per satu sudah muncul di situs sertifikasi resmi.

Model RMX3472 yang diduga kuat sebagai Realme 9 Pro lolos sertifikasi. (TKDN Kemenperin)

Sesuai laporan dari Gizmochina, Realme RMX3472 telah terlihat di situs sertifikasi National Broadcasting and Telecommunications Council Committee (NBTC) Thailand. Daftar di NBTC cukup lengkap dan mencantumkan bahwa RMX3472 merupakan Realme 9 Pro 5G.

Perangkat ini merupakan generasi penerus dari Realme 8 Pro, di mana perusahaan melengkapi sekuelnya dengan konektivitas 5G.

Model lain dengan angka yang lebih rendah yaitu RMX3471 telah muncul di situs sertifikasi BIS India. Perusahaan kemungkinan merilis varian lain dari Realme 9 Pro 5G eksklusif untuk pasar India, yang sedikit berbeda dibanding varian global.

Realme 9 Pro 5G lolos sertifikasi di Thailand. (NBTC via Gizmochina)

Berdasarkan bocoran dari leaker, model Pro atau Pro Plus dispekulasikan membawa chipset Snapdragon 870 dan layar AMOLED 120 Hz.

Realme 9 series juga akan dibekali kamera 108 MP. Perangkat diyakini dapat segera meluncur di kisaran Q1 2022 pada beberapa negara termasuk India, Indonesia, Thailand, dan Rusia. Fitur yang disebutkan sebelumnya masih sekadar prediksi sehingga kita perlu menunggu konfirmasi resmi terkait Realme 9 Pro dalam beberapa waktu mendatang.