Mon. May 23rd, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

RS India Kewalahan karena Corona, AS Kirim Pasokan Medis Rp 1,4 T

2 min read

Washington DC –

Amerika Serikat (AS) mengirimkan pasokan medis senilai lebih dari US$ 100 juta (Rp 1,4 triliun) ke India untuk membantu negara itu melawan lonjakan kasus virus Corona (COVID-19). Pasokan medis itu terdiri dari tabung oksigen, masker dan alat tes rapid Corona.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (29/4/2021), pasokan medis AS itu akan mulai tiba di India pada Kamis (29/4) waktu setempat dan berlanjut hingga pekan depan.

Gedung Putih dalam pernyataannya menyebutkan bahwa pasokan medis yang dikirimkan ke India itu termasuk 1.000 tabung oksigen, 15 juta masker N95 dan 1 juta alat tes diagnosis rapid.

“Sama seperti India mengirimkan bantuan ke Amerika Serikat saat rumah-rumah sakit kami berjuang pada awal pandemi, Amerika Serikat bertekad membantu India pada saat yang dibutuhkan,” demikian pernyataan Gedung Putih.

Situasi pandemi di India semakin memburuk dalam beberapa hari terakhir. Pada Rabu (28/4) waktu setempat, Kementerian Kesehatan India melaporkan 360.960 kasus Corona dengan 3.293 kematian tercatat dalam sehari. Dengan lonjakan itu, total nyaris 18 juta kasus Corona tercatat di India, dengan 201.187 kematian.

Lonjakan kasus Corona ini membuat kewalahan sistem layanan kesehatan setempat, dengan rumah-rumah sakit setempat kekurangan tempat tidur pasien, pasokan oksigen, dan obat-obatan.

Sebelumnya, pemerintah Inggris mengumumkan bahwa pihaknya mengirim tiga unit penghasil oksigen menyusul pengiriman bantuan pertama pekan ini ke India, yang dilanda lonjakan tajam kasus infeksi virus Corona. Namun, Inggris mengatakan pihaknya tidak memiliki vaksin cadangan untuk ditawarkan.

Pemerintah Inggris menyatakan, tiga unit yang disebut pabrik oksigen tersebut, masing-masing berukuran kontainer pengiriman dan dapat menghasilkan 500 liter oksigen per menit.

“Kami berdiri bersama teman-teman India kami dalam perjuangan mereka melawan COVID-19,” kata Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab dalam sebuah pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (29/4/2021).

“Kolaborasi internasional lebih penting dari sebelumnya, dan paket dukungan tambahan Inggris ini akan membantu memenuhi kebutuhan India saat ini, terutama untuk lebih banyak oksigen,” imbuhnya.

Secara total, Inggris mengirimkan 495 konsentrator oksigen dan 200 ventilator ke India minggu ini.Pengiriman baru tersebut dilakukan menyusul gelombang pertama konsentrator oksigen dan ventilator dari Inggris yang tiba di India pada hari Selasa (27/4) lalu, dengan lebih banyak pasokan datang pada hari Jumat (30/4) besok.

Baca juga !