Mon. Sep 26th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Resep Empal Daging Sapi Paling Simpel, Hasilnya Empuk dan Bumbu Meresap

2 min read

 Empal merupakan salah satu olahan daging yang cukup populer di Indonesia dan kerap disajikan di berbagai acara besar, seperti pernikahan. Resep empal daging pun dicari lumayan banyak orang.

Tekstur daging yang empuk dan bumbu manisnya yang meresap sampai ke serat paling dalam membuat empal menjadi lauk favorit banyak orang.

Cara membuat empal daging juga cukup mudah dan bisa kamu coba sendiri di rumah. Dilansir dari kanal YouTube RasaMasa, berikut resep empal daging sapi mudah, enak, dan pastinya empuk ala rumahan.

Bahan:

  • 5 potong daging yang diiris lebar
  • 2 sdm gula jawa sisir
  • Minyak goreng
  • Air

Bumbu dasar putih:

  • 5 siung bawang putih, iris tips
  • 3 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar, sangrai untuk mengeluarkan aroma

Cara membuat empal daging sapi

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan kemiri bersamaan. Supaya bumbu dasar bisa lebih halus, tambahkan sedikit minyak.
  2. Setelah itu, tambahkan ketumbar yang sudah disangrai, haluskan bersama bumbu dasar.
  3. Sementara itu, rebus daging yang sudah diiris ke dalam air mendidih, pastikan terendam. Tunggu sampai daging matang dan berubah warna, lalu angkat.
  4. Selagi daging masih panas, tumbuk-tumbuk untuk melemaskan seratnya dan membuat daging lebih empuk.
  5. Setelahnya, campur bumbu dasar putih dengan sedikit air, lalu gunakan untuk merendam daging yang sudah ditumbuk tadi. Bolak-balik supaya bumbu merata pada semua permukaan daging.
  6. Ungkep daging bersama bumbu dengan api kecil. Tambahkan air sampai daging benar-benar terendam dan juga gula jawa yang sudah disisir.
  7. Diamkan sampai air mulai menyusut, lalu angkat
  8. Panaskan minyak, goreng daging yang sudah ditiriskan sampai berwarna kecoklatan. Angkat.
  9. Empal daging sapi siap disajikan.

Rasa rempah yang meresap dan daging yang empuk merupakan dua kunci utama empal dapat dinikmati dengan kelezatan sempurna, apalagi jika dipadukan dengan nasi panas dan sambal pelengkap.

Demikian resep empal daging sapi yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk menyesuaikan porsinya dengan jumlah anggota keluarga yang ada, ya!

Baca juga !