Wed. Dec 7th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Raih 1,2% Suara Anak Muda Versi Indikator, Bikin PAN Semangat Serap Aspirasi

2 min read

Jakarta –

Hasil survei Indikator Politik mengungkap PAN mendapat angka 1,2% suara anak muda soal pilihan partai politik. PAN menilai hasil survei itu sebagai semangat partai untuk menyerap aspirasi anak muda.

“Bagi PAN hasil survei itu menjadi semangat buat PAN untuk lebih dekat dengan anak-anak muda dan menyerap aspirasi mereka yang kemudian bisa diwujudkan dalam bentuk kebijakan pro anak muda,” kata Sekjen PAN Eddy Soeparno kepada wartawan, Selasa (23/3/2021).

Eddy mengatakan Pemilu 2024 memang akan didominasi oleh anak muda. PAN juga tengah menyiapkan ruang-ruang bagi anak muda dalam kepengurusan partai.

“PAN menyadari sepenuhnya bahwa pemilih di 2024 nanti akan didominasi anak muda. Karena itu di kepengurusan kali ini PAN juga membentuk ruang-ruang baru bagi anak muda sebagai wadah bagi mereka untuk menyalurkan minat, bakat, hobi dan sebagainya,” ujarnya.

“Salah satu yang sudah kami bentuk dan sedang berjalan adalah Milenial PAN yang saat ini sudah terbentuk di beberapa provinsi,” imbuhnya.

Lebih jauh, Eddy juga mengungkap strategi lain terkait pelibatan anak muda dalam partainya. Ia menyebut partainya juga memberikan kesempatan bagi kader muda PAN di Parlemen untuk tampil menjadi juru bicara.

“Saat ini PAN juga dalam tahap untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak muda anggota DPR RI dan DPRD di parlemen untuk tampil sebagai juru bicara bagi generasinya. Memperjuangkan kepentingan anak muda dan seperti yang saya sampaikan tadi bisa mewujudkannya dalam bentuk kebijakan di pusat mau pun daerah,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Indikator Politik Indonesia merilis temuan survei nasional suara anak muda terkait isu-isu sosial, politik dan bangsa, salah satunya terkait pilihan partai politik jika pemilihan anggota DPR dilakukan saat ini. PAN menempati posisi papan tengah partai politik yang dipilih kaum muda.

Metode survei yang digunakan simple random sampling sebanyak 206.983 responden yang terdistribusi secara acak di seluruh nusantara. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Survei digelar pada 4-10 Maret. Total survei sampel yang berhasil diwawancara sebanyak 1.200 responden warga negara Indonesia berusia 17-21.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan saat ini memang ada 42% kaula muda yang belum menentukan pihak. Berikut hasil survei Indikator Politik:

-Gerindra 16 persen
-PDI Perjuangan 14,2 persen
-Golkar 5,7 persen
-PKS 5,7 persen
-Demokrat 5,3 persen
-NasDem 2,8 persen
-PKB 2,7 persen
-PAN 1,2 persen
-PPP 0,9 persen
-PSI 0,8 persen
-Berkarya 0,7 persen
-Perindo 0,6 persen
-Hanura 0,3 persen
-PBB 0,2 persen
-Garuda 0,1 persen
-PKPI 0,1 persen
-Partai Gelora 0,0 persen

Baca juga !