Tue. Sep 27th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Presiden Putin Siap Turuti Permintaan Jokowi Soal Ini

1 min read

 MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku siap untuk memenuhi permintaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenai komoditas tertentu.

Hal itu disampaikan Putin setelah pertemuan tertutup bersama Jokowi di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6).

“Kami siap untuk sepenuhnya memenuhi permintaan produsen pertanian dari Indonesia dan negara-negara sahabat lainnya untuk menyediakan nitrogen, fosfat, pupuk kalium, dan bahan baku lainnya untuk produksi mereka,” kata Putin dalam konferensi pers, Kamis.

Dia menjelaskan pertemuannya dengan Jokowi membahas isu-isu yang berkaitan dengan dunia saat ini seperti pasokan bahan pangan, pertanian, pupuk mineral dan pasar global.

“Kami tentu berniat untuk terus menjalankan itikad baik dengan berkomitmen pada pasokan bahan makanan, sumber daya energi, dan barang-barang penting lainnya,” kata Vladimir Putin.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi mengatakan rantai pasok pangan dan pupuk terganggu sehingga bisa berdampak kepada seluruh masyarakat dunia, khususnya di negara berkembang.

Untuk itu, dia menyampaikan dukungan kepada PBB yang berupaya melakukan reintegrasi komoditas pangan dan pupuk Rusia serta komoditas pangan Ukraina dalam rantai pasok dunia.

“Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia, ini sebuah berita yang baik,” ucap Joko Widodo.

Baca juga !