Thu. May 19th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

PM Singapura Terbang ke Jakarta Hadiri KTT ASEAN

2 min read

Singapura –

Perdana Menteri (PM) SingapuraLee Hsien Loong, terbang ke Jakarta pada Sabtu (24/4) untuk menghadiri pertemuan para pemimpin Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) yang secara khusus akan membahas krisis di Myanmar usai kudeta militer.

Seperti dilansir Channel News Asia, Sabtu (24/4/2021), kantor PM Singapura dalam pernyataannya menyebut para pemimpin ASEAN akan membahas situasi terkini di Myanmar ‘yang memiliki dampak serius terhadap perdamaian dan stabilitas ASEAN dan kawasan’.

Dalam pertemuan ini, PM Lee didampingi oleh Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balaskrishnan, dan jajaran pejabat Kementerian Luar Negeri Singapura.

Myanmar dilanda krisis sejak kudeta militer dilancarkan pada 1 Februari lalu dengan melengserkan pemerintahan sipil yang dipimpin Aung San Suu Kyi.

Menurut laporan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), sedikitnya 741 orang — termasuk 52 anak — tewas dalam berbagai insiden dalam unjuk rasa sejak kudeta terjadi. Ribuan orang, termasuk Suu Kyi, ditangkap otoritas junta militer yang kini berkuasa di Myanmar.

Pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, diperkirakan akan hadir dalam pertemuan yang digelar di kantor Sekretariat ASEAN di Jakarta.

Pemimpin tiga negara, yakni Thailand, Filipina dan Laos, tidak akan hadir langsung dalam pertemuan itu. PM Thailand, Prayuth Chan-O-Cha dan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, telah menyatakan akan mengirimkan Menteri Luar Negeri masing-masing ke pertemuan di Jakarta.

 

Selama PM Lee berada di Jakarta, Menteri Senior dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional, Teo Chee Hean, akan bertindak sebagai Pelaksana Tugas (Plt) PM Singapura.

Sebelumnya dilaporkan bahwa PM Lee merombak kabinetnya saat rencana suksesi kepemimpinan PM Singapura santer dibicarakan. PM Lee menunjuk Lawrence Wong sebagai Menteri Keuangan Singapura yang baru. Wong dianggap sebagai calon PM Singapura di masa depan. Wong menggantikan Heng Swee Keat. Sebelumnya dia menjabat Menteri Pendidikan Singapura.

PM Lee juga menunjuk Chan Chun Sing menjadi Menteri Pendidikan yang baru dan mengangkat Ong Ye Kung menjadi Menteri Kesehatan, menggantikan Gan Kim Yong. Perubahan itu mulai efektif pada 15 Mei mendatang.

Baca juga !