Sun. Jul 3rd, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Pesawat Militer AS Masuki Wilayah Udaranya, Venezuela Geram

2 min read

Jakarta –

Pemerintah Venezuela geram dan menuduh Amerika Serikat melanggar wilayah udaranya dan melakukan provokasi terang-terangan. Venezuela pun mengancam akan menanggapi dengan keras setiap manuver yang dianggap sebagai tindakan agresi.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (24/7/2021), hal ini disampaikan pemerintah Venezuela usai insiden yang terjadi ketika militer AS dan Kolombia terlibat dalam latihan bersama di dekat garis pantai Karibia Venezuela.

Kementerian Pertahanan Venezuela menyatakan bahwa pesawat transpor militer berat tipe C-17 milik AS menyeberang ke wilayah udaranya pada Kamis (22/7) malam untuk “periode tiga menit … melakukan perjalanan sekitar 14 mil laut.”

Sebelumnya pada 16 Juli, Angkatan Udara Kolombia melaporkan latihan militer bersama dengan Amerika Serikat “dengan tujuan meningkatkan interoperabilitas dengan negara-negara sekutu.”

“Kami menyadari bahwa sebagai bagian dari latihan yang disebutkan di atas, tugas pengintaian sedang dilakukan terhadap ruang geografis Venezuela, itulah sebabnya kami tidak mengesampingkan kemungkinan tindakan bermusuhan lainnya terhadap kedaulatan dan integritas teritorial kami,” kata pemerintah Venezuela.

Ditambahkan bahwa Presiden Venezuela Nicolas Maduro “telah mengeluarkan perintah yang tepat untuk tetap waspada dan menanggapi dengan tegas setiap tindakan agresi.”

Venezuela tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat dan Kolombia, negara yang berbatasan dengannya lebih dari 2.200 kilometer (1.367 mil).

Hubungan Venezuela dengan Kolombia dan Amerika Serikat telah tegang sejak kepresidenan mendiang Hugo Chavez. Namun, ketegangan meningkat setelah Amerika Serikat dan Kolombia mengakui pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai presiden Venezuela, menganggap terpilihnya kembali Maduro pada pemilu 2018 sebagai curang.

Maduro pun sering mencela apa yang dia gambarkan sebagai rencana untuk membunuh atau menggulingkannya yang dipimpin oleh kedua negara tersebut, rival internasional utamanya.