Tue. Sep 27th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Peringati 9/11 di Bawah Kuasa Taliban, Warga Afghanistan Salahkan AS

1 min read

 

Peringatan 20 tahun serangan 11 September 2001 atau 9/11 disikapi berbeda oleh para penduduk Afghanistan. Mereka menyalahkan Amerika Serikat (AS) atas kesengsaraan yang dialami mereka pasca Taliban kembali menguasai negaranya.

Diketahui pasca serangan 9/11, pasukan tentara AS melakukan invasi ke Afghanistan dan berhasil menggulingkan kekuasaan Taliban kala itu. Setelah lebih dari dua dekade pendudukan, tentara AS tiba-tiba ditarik dari Afghanistan, memicu runtuhnya pemerintah yang didukung negara-negara Barat dan kembalinya Taliban menguasai Afghanistan.

“Kemalangan yang kami alami saat ini adalah karena Amerika,” kata seorang warga Kabul, Abdul Waris, seperti dilansir Reuters, Minggu (12/9/2021).

“Setelah peristiwa 11 September terjadi, Amerika berada di negara kita selama 20 tahun untuk kepentingan mereka sendiri,” kata Jalil Ahmad, penduduk Kabul lainnya.

“Mereka mengambil manfaat yang mereka pikirkan selama 20 tahun sementara kami tidak mendapatkan manfaat apa pun dari mereka. Mereka telah meninggalkan negara dalam keadaan kebingungan.” lanjutnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, kini sekitar ibu kota Kabul berubah drastis. Para pejuang Taliban dengan senjata di bahu mereka tampak berjaga-jaga pasca merebut kekuasaan.

Serangan 9/11 Picu Taliban Digulingkan

Kembali mengingat sejarah pasca serangan 9/11, AS melakukan invasi ke Afghanistan dan berhasil menggulingkan pemerintahan yang kala itu dikuasai Taliban. Taliban dianggap terlibat melindungi pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, yang memimpin serangan 9/11.

Setelah 20 tahun berlalu, bulan lalu Taliban berhasil merebut kembali Afghanistan. Bahkan kelompok tersebut telah membentuk kabinet , di mana beberapa pejabatnya adalah mantan gerilyawan yang ditahan oleh AS di Teluk Guantanamo.

Baca juga !