Fri. Sep 30th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Perangi Lonjakan Harga, IMF Desak Negara-Negara di Dunia Bantu Warga Rentan

2 min read

Washington: Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pemerintah yang memerangi kenaikan harga pangan dan bahan bakar harus menargetkan bantuan kepada warga yang rentan. Hal itu dianggap penting daripada mengeluarkan bantuan menyeluruh yang berisiko menambah tekanan pada keuangan publik.

“Lebih dari setengah dari 134 negara yang disurvei mengatakan mereka telah memperkenalkan subsidi atau pemotongan pajak untuk meredakan pukulan dari melonjaknya kenaikan harga yang dipicu oleh perang di Ukraina,” kata IMF, dilansir dari The Business Times, Sabtu, 11 Juni 2022.

Invasi Rusia ke Ukraina telah menyebabkan lonjakan tajam dalam harga pangan dan bahan bakar, menambah kesengsaraan ekonomi global, terutama bagi negara berkembang yang telah berjuang lebih dari yang lebih kaya untuk pulih dari pandemi covid-19.

“Para pembuat kebijakan harus membiarkan harga global yang tinggi melewati ekonomi domestik sambil melindungi rumah tangga yang rentan terkena dampak kenaikan. Itu pada akhirnya lebih murah daripada menjaga harga rendah secara artifisial bagi semua terlepas dari kemampuan mereka untuk membayar,” kata IMF.

IMF sering menjadikan penghapusan subsidi sebagai syarat pemberian bantuan. Pakistan pada 2 Juni memangkas subsidi bahan bakar untuk kedua kalinya dalam seminggu untuk mengamankan dana talangan dari IMF.

Tunisia mengatakan mereka akan mulai memotong subsidi energi dan makanan tahun depan di samping transfer keuangan untuk keluarga miskin, karena mencari pinjaman IMF senilai USD4 miliar.

IMF mencatat bahwa pemerintah telah memberikan lebih sedikit kenaikan harga minyak kepada konsumen dalam empat bulan pertama tahun ini daripada yang terjadi pada 2021. IMF menambahkan bahwa subsidi mendorong lebih banyak konsumsi energi dan dengan demikian mendorong kenaikan harga.

“Kekhawatiran keamanan pangan dapat berarti bahwa beberapa pemerintah tidak memiliki pilihan selain memperkenalkan subsidi dan bahkan membagikan bahan pokok, tetapi disarankan klausul matahari terbenam yang jelas untuk penghentian mereka diperlukan,” pungkas IMF.

Baca juga !

2 min read