Sat. May 15th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Pangeran Philip Meninggal, Warga Inggris Dilarang Bawa Bunga ke Istana

2 min read

London – Seluruh Inggris tengah berkabung atas meninggalnya Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II. Namun warga Inggris diimbau untuk tidak berkumpul dalam kerumunan dan dilarang membawa atau meletakkan karangan bunga di Istana Buckingham, London.

 

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (10/4/2021), larangan itu diberlakukan karena pedoman social distancing yang tengah diberlakukan otoritas Inggris untuk membatasi penyebaran virus Corona (COVID-19).

Meninggalnya Pangeran Philip dalam usia 99 tahun pada Jumat (9/4) waktu setempat membuat publik Inggris berduka. Sosoknya sebagai pendamping Ratu Elizabeth II selama puluhan tahun dianggap membantu memodernisasi Kerajaan Inggris dan mengarahkan kerajaan melalui berbagai krisis.

“Ini momen yang sangat menyedihkan,” ucap seorang warga London bernama Victoria Hasler kepada Reuters. “Kita tahu beliau sudah lama sakit dan itu sangat menyedihkan. Dan kita benar-benar merasa sedih untuk keluarga kerajaan atas kabar duka mereka,” imbuhnya.

Saat berita meninggalnya Pangeran Philip tersebar, radio-radio dan televisi Inggris menghentikan siaran mereka dan menayangkan lagu kebangsaan Inggris ‘God Save The Queen’.

Bendera setengah tiang dikibarkan di seluruh kediaman kerajaan dan gedung pemerintah Inggris. Penghormatan dan belasungkawa untuk Pangeran Philip mengalir dari seluruh dunia.

“Kabar yang sangat menyedihkan. Beliau pria yang baik dan merasa sangat sedih untuk kerajaan,” ucap seorang warga London lainnya, Adam Carr, kepada Reuters.Meskipun pemerintah melarang warga untuk membawa karangan bunga ke istana di tengah pandemi Corona, beberapa orang tetap mendatangi Istana Buckingham dan meletakkan karangan bunga di sebelah bendera Inggris yang berkibar di luar istana. Karangan bunga juga diletakkan di tembok Windsor Castle.

 

“Dengan memperhatikan keselamatan dan keamanan publik, dan sesuai dengan pedoman pemerintah, anggota masyarakat diminta untuk tidak berkumpul di tengah keramaian,” demikian pernyataan Istana Buckingham.

“Mereka yang ingin menyampaikan belasungkawa diminta melakukannya dengan cara yang seaman mungkin, dan tidak berkumpul di Royal Residences,” imbuh pernyataan tersebut.

Seorang juru bicara kantor kabinet pemerintah Inggris meminta agar ‘karangan bunga tidak seharusnya diletakkan di Royal Residences pada saat ini’.

Pengaturan soal pemakaman Pangeran Philip belum diumumkan oleh Ratu Elizabeth II yang saat ini masih berada di Kastil Windsor.

“Pengaturan modifikasi dan seremoni pemakaman untuk Yang Mulia Duke of Edinburgh sedang dipertimbangkan oleh Yang Mulia Ratu. Informasi detailnya akan dikonfirmasi pada waktunya,” demikian pernyataan Istana Buckingham.

Baca juga !