Mon. Sep 26th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

PAN Ingatkan Luhut Tak Berpuas Diri Soal Penanganan COVID RI Lebih Baik

2 min read

Jakarta –

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyebut penanganan COVID-19 di Indonesia lebih baik dari Korea Selatan (Korsel) dan Singapura. Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay meminta Indonesia tidak berpuas diri.

“Kita tidak boleh berpuas diri,” ujar Saleh kepada detikcom, Selasa (7/9/2021).

“Seperti yang kata Pak Luhut kita jangan mengatakan kita sudah selesai karena perjalanan masih panjang. Karena menurut prediksi Menteri Kesehatan, 5 sampai 10 tahun lagi (pandemi) belum tentu selesai,” tutur Saleh.

Saleh berharap pemerintah terus memperbaiki sejumlah fasilitas dan pelayanan kesehatan selagi kasus menurun. “Kita berharap pemerintah harus mempersiapkan seluruh hal-hal yang dibutuhkan dalam rangka penanggulangan Covid, seperti kapasitas rumah sakit,” jelasnya.

Saleh DaulaySaleh Daulay (Foto: Tsarina/detikcom)

Saleh berharap konteks pernyataan Luhut terkait kehebatan penanganan COVID di Indonesia adalah untuk membangkitkan semangat masyarakat dalam melawan Corona. Selain itu, pernyataan Luhut juga didasari atas turunnya orang yang terpapar COVID, turunnya tingkat hunian rumah sakit, dan turunnya angka kematian akibat COVID.

“Saya mengharapkan bahwa pernyataan yang disampaikan oleh Pak Luhut itu konteksnya adalah untuk membangkitkan semangat kita dan optimisme kita sehingga kita bisa melawan COVID, saya tangkap dari situ gitu meningkatkan semangat kita lah bahwa kita bisa menangani COVID,” pungkasnya.

Klaim Luhut

Sebelumnya diberitakan, Luhut mengaku mendapatkan proposal usulan penelitian tentang pengendalian COVID-19 dari seorang profesor di Harvard Pub Health Amerika Serikat. Hasilnya, pengendalian COVID-19 di Indonesia lebih baik daripada negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia hingga Korea Selatan.

“Jadi, peran dari TNI-Polri selama pengalaman saya menangani itu luar biasa. Saya enggak bisa bayangkan kalau enggak ada itu. Jadi sinergitas antara Pemda kemudian TNI dan Polri itu luar biasa. Nah itu bisa saling membantu sehingga kita bisa turun dengan cepat. Sebenarnya juga diperbincangkan di ASEAN ini, tadi saya baru terima lagi dari luar angka absolut (dari) tim penanganan dari Covid ini kita lebih bagus dari Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Korsel dan Taiwan,” jelas Luhut.

Baca juga !