Mon. Jun 14th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Motornya Tak Kompetitif, Morbidelli Mulai Hilang Harapan di MotoGP 2021

2 min read

Pebalap Petronas Yamaha SRTFranco Morbidelli mulai hilang harapan di MotoGP 2021. Dia merasa motornya tak mampu membawanya bersaing di posisi terdepan.

Morbidelli cuma diberi motor YZR-M1 A-Spec yang didasarkan pada tunggangan Yamaha versi 2019. Secara tenaga, kuda besi miliknya sudah kalah jauh dari motor-motor pebalap lain.

Pebalap yang musim lalu finis runner-up saat ini masih terdampar di peringkat ke-10 klasemen. Dalam tujuh seri terakhir, dia cuma sekali naik podium yakni finis ketiga di MotoGP Spanyol.

Sementara sisanya, prestasi terbaik Morbidelli cuma finis keempat di MotoGP Portugal, dan di MotoGP Catalunya pekan lalu dia cuma finis kesembilan.

Melihat spesifikasi motornya yang kalah tenaga, Morbidelli menyebut hasil yang dia raih di sirkuit Barcelona-Catalunya tidaklah buruk. Motornya memang tak sanggup lagi untuk meraih hasil lebih baik.

“Saya harus senang dengan balapan jika Anda kehilangan begitu banyak kecepatan. Kecuali jika Anda cukup cepat di tahap awal balapan sehingga Anda dapat melarikan diri dan kemudian mengemudi sendiri,” beber Morbidelli dikutip dari Speedweek, Kamis (10/6/2021).

“Jadi saya harus puas dengan posisi ini karena menurut saya ini adalah hasil maksimal yang bisa saya dapatkan,” tambahnya.

Di MotoGP Catalunya, kecepatan tertinggi yang dicatatkan Morbidelli dari Yamaha YZR-M1 spesifikasi 2019 ini adalah 336,4 km/jam. Sebagai perbandingan, rider Ducati Jack Miller mampu mencapai kecepatan 350,6 km/jam.

“Jika Anda memiliki tenaga [motor] yang sangat kecil dan yang lain dapat memainkan keuntungan melawan Anda, terutama di lap pertama, Anda kehilangan banyak tempat dalam akselerasi dan trek lurus,” kata Franky sapaan akrab Morbidelli.

“Saya kehilangan tiga tempat sekaligus di start-finish lurus, dan dua di lap berikutnya.”

“Jika Anda kehilangan begitu banyak tempat dalam waktu sesingkat itu, itu juga sedikit mengganggu Anda. Tapi saya tidak melihat apa yang bisa saya lakukan tentang hal itu.”