Fri. Oct 7th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Mau Jajan di Angkringan? Ini 5 Tips Makan Kenyang dan Murah

3 min read

Jakarta –

Beberapa orang memilih makan di angkringan untuk berhemat karena harga makanan di angkringan relatif murah. Tapi harus cermat karena kalau kalap justru jadi boros.

Angkringan jadi tempat nongkrong favorit banyak orang karena bisa nyaman ngobrol sambil makan. Menu makanan di angkringan terbilang enak dan beragam, apalagi banderol harganya murah meriah.

Seporsi nasi kucing biasa diberi harga Rp 3 ribuan, sementara aneka sate harganya mulai dari Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribu. Ada juga aneka gorengan yang tak kalah murah. Tapi jangan asal comot karena kalau kalap bisa-bisa kantong jadi jebol.

Berikut beberapa tips dan trik makan kenyang dan hemat di angkringan:

1. Pilih angkringan yang ramai

Sangat mudah menemukan angkringan, bahkan di kota besar seperti Jakarta. Kini angkringan menjamur, bahkan ada angkringan yang jaraknya berdekatan. Tips pertama saat akan mampir ke angkringan adalah pilih yang ramai pengunjung.

Ramainya pengunjung menandakan kalau angkringan ini layak disambangi. Kemungkinan karena harganya murah, makanannya enak, menunya lengkap atau karena tempatnya nyaman dan bersih.

Selain itu, angkringan yang ramah pengunjung juga dipastikan menyajikan menu yang segar. Makanan selalu dibuat baru karena habis terjual di hari yang sama.

2. Jangan banyak makan sate

Banyak pilihan menu makanan di angkringan. Tapi menu wajibnya yakni sego kucing atau nasi kucing. Biasanya angkringan menyediakan nasi porsi mini ini dengan lauk pelengkap seperti ikan teri, tempe atau ikan tongkol.

Pilih dua atau tiga sego kucing agar perut kenyang. Tanpa lauk lain pun sego kucing ini sudah nikmat. Satu porsinya biasanya diberi harga Rp 3.000an. Kalau beli tiga buah, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 9.000 saja. Jangan sungkan minta sambal agar makin nikmat.

Hindari memilih sate dalam jumlah banyak. Sate di angkringan memang menggoda, ada sate usus, bakso, kulit ayam hingga ceker. Tapi sate ini justru membuat boros. Namun kalau tergoda, tak ada salahnya kalau kamu memilih 2-3 varian sate.

Di Angkringan Semar Gaplek Bisa Jajan Nasi Kucing hingga Sate Telur GurihMau Jajan di Angkringan? Ini 5 Tips Makan Kenyang dan Murah Foto: Zahrah Zayyan Layalia/detikcom

3. Pilih minuman yang murah

Minuman di angkringan biasanya tak jauh dari menu wedangan. Ada wedang jahe, jahe susu, wedang sereh hingga wedang uwuh. Beberapa angkringan legendaris bahkan menyajikan kopi Joss sebagai minuman.

Minuman di angkringan sebenarnya tidak mahal. Harganya di bawah Rp 5.000an. Kamu bisa memilih teh hangat sebagai minuman, harganya murah tapi rasanya nikmat. Biasanya para penjual angkringan menggunakan teh tradisional asal Jawa yang aroma dan rasanya juara.

Tapi kalau dijadikan teman ngobrol kamu bisa pesan menu wedhangan yang hangat dan mencegah masuk angin.

4. Makan bersama teman

Tips berhemat lainnya saat makan di angkringan adalah ajak teman atau keluarga. Dengan demikian kamu bisa memilih banyak menu sate dan menyantapnya secara sharing.

Makan bersama teman di angkringan juga akan jadi hemat karena bayarnya bersama. Dan pastinya jadi lebih seru. Angkringan saat ini memang bukan hanya sekedar tempat makan tapi juga tempat nongkrong dan hangout sambil ngobrol seru.

Tips Hemat Makan di Angkringan, Hindari Menu 'Jebakan Batman' IniMau Jajan di Angkringan? Ini 5 Tips Makan Kenyang dan Murah Foto: TikTok @bramantyumma_/iStock

5. Bawa uang tunai

Pastikan untuk membawa uang tunai ketika hendak makan di angkringan. Warung makan tradisional ini biasanya hanya melayani sistem pembayaran tunai.

Meskipun beberapa angkringan modern menyediakan pembayaran melalui uang digital tapi tak ada salahnya untuk selalu membawa uang. Makan di angkringan untuk satu orang rata-rata hanya menghabiskan uang Rp 15-Rp 30 ribuan.

Baca juga !