Tue. Oct 4th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Lagi, Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia Hari Ini

2 min read

Jakarta kembali menduduki peringkat pertama sebagai kota paling berpolusi di dunia, menurut hasil pengukuran indeks kualitas udara (AQI). Berdasarkan data terbaru per hari ini, Senin (20/6) pukul 09.00 WIB, kualitas udara Jakarta mencapai angka 175.

Kualitas udara Jakarta termasuk dalam kategori tidak sehat karena konsentrasi polutan utama atau PM2.5 melebih batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni 5 µg/m3. Dikutip IQ Air, kandungan polutan PM2.5 udara di Jakarta mencapai 111 µg/m3 atau 22,2 kali lipat dari batas WHO.

PM2.5 adalah partikel polutan yang tidak hanya mengancam kesehatan tapi juga mengurangi jarak pandang karena menghasilkan lapisan kabut di atmosfer. PM2.5 dideskripsikan dengan ukuran sekitar 2,5 mikron, dan banyak berasal dari emisi mesin yang menggunakan bahan bakar fosil.

Berikut daftar kota dengan kualitas udara terburuk versi AQI per Senin (20/6) pukul 09.00 pagi.

Kualitas udara Jakarta terburuk sedunia berdasarkan AQ Index pada Senin (20/6/2022). Foto: Screenshot IQ Air

Berdasarkan analisis BMKG, konsentrasi PM2.5 yang tinggi di Jakarta dipengaruhi oleh berbagai sumber emisi, baik yang berasal dari sumber lokal seperti transportasi dan residensial, maupun dari sumber regional dari kawasan industri dekat dengan Jakarta.

Berdasarkan analisis BMKG, konsentrasi PM2.5 yang tinggi di Jakarta dipengaruhi oleh berbagai sumber emisi, baik yang berasal dari sumber lokal seperti transportasi dan residensial, maupun dari sumber regional dari kawasan industri dekat dengan Jakarta. Emisi tersebut dapat terakumulasi dan menyebabkan terjadinya peningkatan konsentrasi terukur pada alat monitoring pengukuran konsentrasi PM2.5.

Pola angin yang bergerak dari satu lokasi ke lokasi lain juga turut memengaruhi proses pergerakan polutan udara PM2.5. Angin pembawa PM2.5 dapat bergerak menuju lokasi lain, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan konsentrasi PM2.5.

Kota Jakarta menduduki peringkat pertama kota paling berpolusi di dunia, disusul Santiago, Chile (AQI 171), Lahore, Pakistan (AQI 163), Dubai, UAE (AQI 162), dan Lima, Peru (AQI 154).

Sementara di Indonesia, kota paling berpolusi berikutnya disusul Surabaya, Jawa Timur (AQI – 166), Bekasi, Jawa Barat (AQI 165), Banten, Tangerang (AQI 163) dan Depok, Jawa Barat (AQI 159).

Masyarakat direkomendasikan menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan. Warga juga diminta menutup jedela dengan rapat, menggunakan air purifier, dan menghindari aktivitas/olahraga di luar ruangan.

Baca juga !