Wed. Dec 7th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Ketika Aung San Suu Kyi Dituduh Langgar UU Rahasia

1 min read

Jakarta –

Junta militer Myanmar menuduh pemimpin de-facto Aung San Suu Kyi melanggar undang-undang rahasia era kolonial. Tuduhan baru itu diumumkan di tengah kemarahan internasional atas tindakan keras militer terhadap pengunjuk rasa yang telah menewaskan sedikitnya 535 orang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (2/4/2021) pengacara Aung San Suu Kyi, Khin Maung Zaw mengatakan bahwa peraih Nobel itu telah dituduh melanggar undang-undang rahasia era kolonial dalam gugatan yang diajukan pada 25 Maret lalu.

Sebelumnya, Suu Kyi muncul melalui tautan video di pengadilan ibu kota Naypyidaw, di mana dia menghadapi serangkaian dakwaan yang bisa membuatnya dilarang dari jabatan politik. Sidang dilakukan untuk menangani aspek administratif dari kasus tersebut, termasuk penunjukan resmi delapan pengacara pembela.

Pengacara Suu Kyi lainnya, Mim Min Soe yang berhasil melakukan komunikasi via video dengannya pekan ini, menuturkan pemimpin berusia 75 tahun itu dalam keadaan sehat.

“Kondisi fisik DASSK (Daw Aung San Suu Kyi-red) terlihat baik menurut penampilannya di layar video,” tutur Min dalam pernyataannya.

“Dia terlihat sehat, kulitnya terlihat bagus,” imbuhnya.

Dituturkan Min bahwa dalam komunikasi via video itu, Suu Kyi menyatakan ingin bertemu secara langsung dengan pengacaranya dan tidak sepakat untuk melakukan diskusi melalui video, dengan kehadiran polisi Myanmar.

Diketahui Suu Kyi sempat menjadi tahanan rumah sejak ditahan saat militer melancarkan kudeta pada 1 Februari lalu. Namun kemudian sejumlah petinggi Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) menuturkan lokasi penahanan Suu Kyi dipindah ke suatu lokasi yang dirahasiakan.

Baca juga !