Sat. Dec 3rd, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Kecanduan Gadget Bisa Pengaruhi Emosi Anak, Ini Solusinya

1 min read

Kemajuan teknologi telah mengubah semuanya, mulai dari akses kebutuhan, hiburan, bahkan kehidupan manusia. Dari sekian banyak dampak positif kemajuan teknologi, orangtua perlu menyadari dampak negatifnya juga.

Apalagi sudah banyak bukti bahwa gadget atau gawai dapat membuat anak ketagihan. Adiksi gadget biasanya berupa kecanduan main game dapat mengganggu emosi anak.

“Adiksi (gadget/game) mengaktifkan saraf di otak sehingga mampu memberikan rasa bahagia dan senang. Kalau sudah kecanduan gadget, saraf di otak itu bakal dimonopoli,” ungkap Praktisi Cognitive Behaviour Therapy Ray Zairaldi, Minggu (6/6/2021).

Anak yang marah dan mengamuk saat dilarang bermain gadget terjadi karena orangtua dianggap telah menghalang-halangi kesenangan anak.

“Makanya anak jadi emosional, dan tidak tahu bagaimana mendatangkan hal yang menyenangkan selain adiksinya,” katanya.

Kekuatan adiksi gadget, lanjut dia, sangat mengikat bahkan membuat otak anak terganggu. Untuk itu ia sangat menyarankan orangtua untuk memberikan terapi bagi anak yang sudah mengalami adiksi gadget.

Dilansir dari Hello Sehat, anak yang kecanduan bermain gadget dapat mengalami berbagai gejala gangguan fisik mulai dari susah tidur, nyeri punggung, peningkatan atau penurunan berat badan, gangguan penglihatan, dan gangguan nutrisi.

Bahkan, anak yang sering bermain gadget lebih mudah merasa cemas, sering berbohong, dan juga kesepian.

Lebih parahnya, anak yang sudah ketagihan bermain gadget bakal lebih tidak peduli dengan sekitarnya. Termasuk keluarganya sendiri di rumah selain gadget yang menjadi temannya.

Baca juga !