Mon. Aug 8th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Jokowi Temui Khusus Pemimpin Negara Ini, Kali Ini, Tak Ada Bendera Merah Putih

1 min read

 JERMAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui secara khusus Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman, Senin (27/6).

Pertemuan itu dilakukan Jokowi di sela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa kedua pemimpin mengapresiasi kuatnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Inggris.

Dalam pertemuan itu, ucap Retno, PM Boris Johnson mengatakan bahwa roadmap untuk kerja sama bilateral sudah ada.

“Dengan sudah adanya roadmap tersebut, maka akan lebih mudah untuk memperkuat hubungan kedua negara,” kata Retno.

Hal lain yang disampaikan Presiden Jokowi dan PM Boris Johson ialah keduanya bersepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang energi baru terbarukan (EBT) dan ketahanan pangan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut Retno Marsudi dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

Berbeda dengan pertemuan yang dilakukan Jokowi dengan sejumlah pemimpin negara lainnya, kali ini eks gubernur DKI Jakarta itu tidak menggunakan bendera Merah Putih saat menemui Boris.

Pada Senin, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, PM India Narendra Modi, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Dari pertemuan bilateral itu, Presiden Jokowi dan masing-masing pemimpin negara selalu membawa bendera mereka.

Baca juga !