Fri. Oct 7th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Jangan Terlewat, Ini Daftar Wisata Imlek di 5 Kota Populer Indonesia

1 min read

 Hari Raya Imlek 2021 atau Tahun Baru Imlek 2562 Kongzili untuk pertama kalinya dirayakan di tengah pandemi Covid-19, tapi tradisi berkumpul bersama keluarga tidak bisa dihilangkan.

Bagi Anda yang ingin merayakan imlek di daerah tertentu di Indonesia, berikut 5 daftar wisata imlek berdasarkan rangkuman siaran pers Tiket.com yang diterima suara.com, Rabu (10/2/2021).

 

1. Jakarta, DKI Jakarta

Masyarakat Jakarta yang menikmati long weekend, baik yang merayakan Imlek maupun tidak, dapat memanfaatkan aneka ragam keseruan di dalam kota dan dekat rumah masing-masing.

Jajaran kegiatan wisata yang berbau kesenian terdiri dari New Museum, Museum of Toys, atau tur ke Museum Nasional dapat menjadi pilihan.

Jangan Terlewat, Ini Daftar Wisata Imlek di 5 Kota Populer Indonesia. (Dok: Tiket.com)
Jangan Terlewat, Ini Daftar Wisata Imlek di 5 Kota Populer Indonesia. (Dok: Tiket.com)

Sedangkan untuk kegiatan outdoor, banyak pilihan day trip untuk dijelajahi, seperti Sea World Ancol, tur Pulau Tidung, tur Pulau Sepa, Pulau Putri day trip, hingga tur Pulau Pramuka.

2. Bandung, Jawa Barat

Diresmikan pada tahun 2017 silam, kota Bandung memiliki destinasi yang sarat akan budaya oriental, yaitu China Town Bandung.

Berlokasi di Jalan Klenteng, lahan seluas 3.000 meter persegi ini dirancang untuk mempertegas pesan kedamaian hidup keberagaman di tengah keanekaragaman suku, budaya, dan agama.

Terdiri dari 77 kios yang berasal dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), peremajaan lahan ini adalah buah pikiran antara pengelola China Town Bandung.

Peremajaan ini juga dibantu Perhimpunan Sosial Masyarakat Bandung (Permaba) yang memiliki visi untuk memberikan nilai lebih bagi bangunan tua bernuansa Tiongkok terutama kepada para turis dan komunitas warga di kota Bandung.

Beberapa wahana atraksi wisata yang ada di Bandung juga bisa jadi pilihan, mulai dari Trans Studio Bandung, The Lodge Maribaya Lembang, Kala Kini Nanti, Centrum Million Balls, This Is Me, Rabbit Town, Fairy Garden Lembang, Dusun Bambu, Bubba Land, serta masih banyak lagi.

3. Medan, Sumatera Utara

Kota destinasi ini sangat terkenal sebagai tempat di mana Komunitas Tionghoa berkembang dengan pesat. Bahkan kota Medan mempunyai acara tahunan bernama Gebyar Imlek Fair dimana pengunjung dimanjakan dengan beragam kuliner dan pertunjukan khas Imlek.

Tahun ini, masyarakat bisa merayakan imlek sekaligus menjelajah Museum Tjong A Fie Mansion. Bagi yang ingin mendekatkan diri dengan alam, ragam pilihan berpetualang dapat ditemukan di Rahmat International Wildlife Museum and Gallery atau Pemantang Siantar Zoo, tentunya dengan harga terjangkau.

4. Semarang, Jawa Tengah

Kota Semarang mempunyai salah satu kelenteng wisata yang terkenal, yakni Kelenteng Sam Poo Kong yang bermakna literal “gua tiga orang sakti”.

Kelenteng ini merupakan lokasi bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He. Kompleks Sam Po Tong berada di daerah Simongan, sebelah barat daya kota Semarang.

5. Surabaya, Jawa Timur

Jika sedang ada di Surabaya, Anda bisa berkunjung ke Kelenteng Hong Tiek Hian untuk berwisata. Kelenteng ini terkenal akan pusat kemeriahan perayaan dan penyandang status kelenteng tertua di kota ini.

Tidak hanya merayakan di kelenteng, warga kota Surabaya juga merayakan Imlek dengan beragam aktivitas yang semarak di berbagai pusat perbelanjaan.

Bisa juga mengunjungi Kya-kya Kembang Jepung untuk menikmati surga wisata kuliner khas etnis Tionghoa maupun jajaran kelezatan kuliner mancanegara penuh cita rasa.

“Perayaan Imlek di Indonesia sungguh istimewa. Kekayaan kultur dan kemajemukan  budaya berbaur menjadi satu di bawah payung solidaritas. Kami tiket.com berkomitmen untuk setia mendukung pemerintah dalam menekan laju angka penyebaran Covid-19, sembari turut serta membantu memulihkan industri pariwisata Indonesia dengan merekomendasikan mitra wisata berlabel tiketCLEAN dan mitra operator yang tergabung di dalam fitur tiket TO DO kami sebagai bahan pertimbangan untuk perayaan Imlek tahun ini,” pungkas Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com.

Baca juga !