Sat. Oct 8th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Israel Kembali Tangkapi Kerabat Tahanan Palestina yang Kabur

2 min read

Jakarta –

Tentara Israel kembali melakukan penangkapan terhadap kerabat dari enam tahanan Palestina yang kabur dari penjara dengan menggali terowongan. Penangkapan ini dilakukan seiring pasukan Israel terus melakukan perburuan besar-besaran di wilayah Tepi Barat.

Israel telah mengerahkan pasukan ke wilayah Palestina itu sejak pelarian enam tahanan dari penjara berpengamanan tinggi, Gilboa di Israel utara melalui terowongan yang digali di bawah wastafel di sel.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (10/9/2021), menurut kelompok advokasi Palestina, Klub Tahanan Palestina, dua saudara laki-laki dan saudara perempuan dari tahanan buron, Mahmud Ardah ditangkap pada Jumat (10/9) pagi waktu setempat di desa Arraba, dekat Jenin di Tepi Barat utara.

Ardah, seorang anggota kelompok militan Jihad Islam, telah dipenjara seumur hidup sejak 1996 karena perannya dalam serangan-serangan mematikan.

Sebelumnya, para kerabat lain dari enam buronan, semuanya dari daerah Jenin, telah ditangkap pada hari Rabu (8/9) dan ditahan.

Militer Israel belum berkomentar tentang penangkapan hari Jumat itu

Warga Palestina merayakan pelarian para tahanan itu dengan aksi demonstrasi di Tepi Barat dan Jalur Gaza, beberapa aksi di antaranya diwarnai kerusuhan.

Faksi-faksi Palestina, termasuk kelompok Hamas yang menguasai Gaza, menyerukan aksi hari kemarahan pada Jumat (10/9) ini untuk mendukung para tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

Seperti dilansir Xinhua News Agency, Jumat (10/9/2021), anggota komisi eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Wasel Abu Yousef, menuturkan kepada wartawan di Ramallah, bahwa semua faksi di Tepi Barat dan Gaza sepakat menetapkan hari Jumat (10/9) sebagai hari kemarahan.

“Jumat akan menjadi hari konfrontasi dengan tentara Israel di pembatas jalan dan pos pemeriksaan dalam solidaritas dengan para tahanan dan untuk menolak pelanggaran tiada akhir terhadap hak-hak mereka,” cetus Yousef.

Di Gaza, kelompok Hamas dan Jihad Islam Palestina (PIJ) menyatakan dalam pernyataan terpisah bahwa mereka juga menyerukan warga Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem Timur untuk bergabung dalam aksi hari kemarahan ini.

Baca juga !