Tue. Dec 6th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Drama Korea Terbaru ‘Mr. Queen’ Menampilkan Nasi Gukbap, Ini Faktanya

2 min read

Jakarta –

Drama Korea terbaru ‘Mr. Queen’ menyita perhatian karena memiliki cerita yang seru. Pada epiosde 10, hidangan gukbap muncul di drama tersebut. Ini faktanya!

‘Mr. Queen’ adalah drama Korea terbaru yang tayang di channel tvN. Drama ini mengisahkan seorang pria yang berprofesi sebagai chef dan terjebak di tubuh ratu pada zaman Joseon.

Drama ini menyita perhatian karena memiliki alur cerita yang unik. Ada kisah romantis, konflik, dan lucu.

Pada episode 10 mereka yang tayang beberapa hari lalu, sang ratu Kim So Young yang jiwanya adalah Jang Bong Hwan kembali menyiapkan hidangan untuk Grand Queen Dowager atau dalam bahasa Korea adalah Daebi Mama.

Hidangan yang ia siapkan berupa gukbap. Berupa olahan nasi berkuah dengan topping lauk di atasnya dan tampilannya sangat sederhana.

Tapi, Daebi Mama saat itu sangatlah marah ketika dihidangankan gukbap. Kira-kira apa ya alasannya?

Berikut fakta gukbap yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Apa itu Gukbap?

 

Drama Korea Terbaru 'Mr. Queen' Menampilkan GukbapDrama Korea Terbaru ‘Mr. Queen’ Menampilkan Gukbap Foto: iStock

Gukbap adalah hidangan nasi khas Korea yang sederhana. Berasal dari kata guk dan bap yang artinya sup nasi dalam bahasa Korea. Tak heran kalau hidangan ini memiliki kuah hangat saat disajikan.

Hidangan ini biasa dinikmati ketika cuaca dingin. Penyajiannya bisa menggunakan mangkuk biasa atau hot stone bowl (dolsot).

Satu porsinya berisikan nasi putih yang disiram dengan kuah kaldu bening gurih. Ada juga potongan daging, tauge, dan sayuran lainnya. Untuk menikmatinya biasa ditambahkan kecap khas Korea bernama ganjang.

 

2. Sejarah Gukbap

Drama Korea Terbaru 'Mr. Queen' Menampilkan GukbapDrama Korea Terbaru ‘Mr. Queen’ Menampilkan Gukbap Foto: YouTube KRA Drama

Gukbap masuk ke dalam hidangan yang tercatat dalam buku resep masakan Dinasti Joseon. Dilansir dari Korea Herald (2/9), gukbab tercatat dalam buku resep masakan Dinasti Joseon (1392-1910).

Bahkan diperkirakan sudah ada sejak abad ke-4 hingga ke-7. Ada juga yang menyebut gukbab yang menggunakan seolleongtang atau sup kaldu dari tulang sapi dan daging rebus ini berasal dari Dinasti Shilla (57 SM – 935 SM).

Baca juga !