Tue. Oct 4th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Demo di Monas, Mahasiswa Bawa Kue dan Teriak “Selamat Ulang Tahun, Pak Jokowi”

2 min read

Massa mahasiswa dan kelompok organisasi yang tergabung dalam Aliansi Nasional Reformasi KUHP membawa kue ulang tahun saat menggelar aksi unjuk rasa di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada Selasa (21/6/2022) siang.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com di lokasi, sejumlah mahasiswa menyalakan lilin di atas kue berbentuk kotak berwarna cokelat.

Mereka kemudian meniup lilin itu dalam rangka mengucapkan selamat ulang tahun kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berulang tahun ke-61 pada hari ini.

“Selamat ulang tahun, Pak Jokowi,” teriak mahasiswa yang menggelar aksi.

Aksi tiup lilin ulang tahun tersebut bersamaan dengan demonstrasi mendesak Presiden Jokowi dan DPR RI agar membuka draf terbaru dari Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP).

Demonstran memadati Jalan Medan Merdeka Selatan, tepat di depan pintu masuk kawasan Monas.

Berbeda dari unjuk rasa pada umumnya, aksi penyampaian pendapat itu dilakukan tanpa ada mobil komando yang dilengkapi pengeras suara atau mobil orasi.

Para demonstran hanya menyampaikan pernyataan sikap. Setidaknya ada tiga tuntutan yang disuarakan dalam aksi tersebut.

Pertama, mendesak Presiden dan DPR RI untuk membuka draf terbaru RKUHP dalam waktu dekat serta melakukan pembahasan secara transparan dengan menjunjung tinggi partisipasi publik yang bermakna.

Kedua, menuntut Presiden Jokowi dan DPR RI untuk membahas kembali pasal-pasal bermasalah dalam RKUHP, terutama pasal yang berpotensi membungkam kebebasan berpendapat dan berekspresi.

Ketiga, apabila Presiden dan DPR RI tidak kunjung membuka draf terbaru RKUHP dan menyatakan akan membahas pasal-pasal bermasalah di luar isu krusial dalam kurun waktu 7×24 jam sejak pernyataan sikap dibacakan, massa akan kembali turun ke jalan dengan jumlah yang lebih besar.

Baca juga !