Tue. Sep 27th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

‘Culture Shock’ Makanan Daerah yang Paling Bikin Kaget Netizen

3 min read

Jakarta –

Culture shock atau perbedaan budaya ternyata juga terjadi pada makanan. Banyak netizen yang kaget dengan makanan lokal yang mereka temui di berbagai daerah.

Istilah ‘culture shock’ sering digunakan banyak orang ketika menemukan budaya baru atau kebiasaan, yang sebelumnya mereka tidak pernah temukan di tempat mereka berasal.

Perbedaan ini bisa dari kebiasaan orang sehari-hari, sampai pemilihan hingga penyajian makanan yang tentunya jadi topik menarik untuk dibahas. Seperti cuitan yang ditulis oleh pengguna Twitter @ajiwar (08/09).

Di Twitternya, ia menanyakan pengalaman netizen tentang culture shock yang berhubungan dengan makanan. Banyak cerita seru hingga lucu yang membuat netizen terkenang dengan makanan-makanan yang bikin mereka kaget.

Mulai dari penyajian kepiting, ngemil tanah liat dan masih banyak lagi.

1. Kaget Makan Kepiting Besar

Yougwa Danau SentaniIlustrasi Kepiting Papua Foto: dok. detikFood

Penggua Twitter @ajiwar, memulai kisah culture shock tentang makanan yang pernah dia alami ketika berada di Biak, Papua.

Saat itu ia disuguhi kepiting dengan ukuran yang sangat besar, anehnya tidak ada alat makan atau bumbu serta saus cocolan sama sekali.

“Waktu di Biak, disuguhi kepiting yang besar. Gak dikasih alat dan bumbu cuma kepiting rebus merah yang gedenya satu piring. Setengah jam nyobain, ngehancurin kulitnya gak bisa-bisa pakai pisau atau meja. Akhirnya diajarin sama orang lokal pakai kepala sendok, dibenturin dikit sampai retak,” komen Aji yang kewalahan saat makan kepiting di sana.

 

2. Makan Camilan dari Tanah Liat

'Culture Shock' Makanan Daerah yang Paling Bikin Kaget Netizen‘Culture Shock’ Makanan Daerah yang Paling Bikin Kaget Netizen Foto: Twitter

Ada juga pengalaman culture shock yang tak terlupakan dari pengguna Twitter @yondaktahu. Ia bercerita saat itu pernah main ke rumah temannya yang ada di daerah Tuban.

“Di sana disuguhin kopi sama camilan. Ampo nama camilannya. Rasanya enak dan gurih. Awalnya aku kira seperti cokelat. Setelah habis setengah piring, baru tahu ini terbuat 100% dari tanah liat. Ya ampuuun,” kenangnya.

“Kalau ada Ampo yang rasanya pedas dan ada sedikit rasa getirnya. Mungkin itu terbuat dari 100% tanah sengketa,” candanya yang disukai lebih dari 4,6 ribu pengguna Twitter lainnya.

3. Pisang Goreng Cocol Sambel

'Culture Shock' Makanan Daerah yang Paling Bikin Kaget Netizen‘Culture Shock’ Makanan Daerah yang Paling Bikin Kaget Netizen Foto: Twitter

“Di Makassar, masa pisang goreng dimakan pakai sambel? Apa jangan-jangan tahu pakai topping keju?” tanya @billyfuad penasaran, lengkap dengan foto pisang goreng dan sambal merah di sampingnya.

Hal serupa juga diutarakan oleh akun @dancowbubukk, ia sempat bingung orang Kalimantan makan pisang goreng pakai sambal. Bahkan hingga pisang molen juga dicocol dengan sambal.

“Tapi serius, kan kalau di daerah lain orang demam dikasih obat. Nah, di Makassar gak cukup. Harus dikasih cabe rawit ulek, terus dikasih jeruk nipis, ikan goreng, sama nasi panash. Beeh, langsung tuh demam ilang bos,” celoteh @lkorrak.

 

4. Beda Budaya Makan Pizza

Perbedaan Pizza Italia dan Pizza AmerikaPerbedaan Pizza Italia Foto: Getty Images/iStockphoto

Walau pizza cukup populer dan digemari di Indonesia, ternyata perbedaan culture shock tetap terasa. Bagi orang Indonesia, yang makan pizza langsung di negara asalnya, yaitu Italia.

“Waktu ke Pizzeria di Mestre, Italia. Pesen pizza Margherita, tetiba temen minta saus sambel sama saus tomat ke pelayan di sana. Karena biasanya makan di Pizza Hut. Eh pelayannya ke belakang manggil chefnya. Terus chefnya keluar, teriak ‘get out!’. Kita langsung take away pulang,” kenang @herutam.

“Eh temen gue makan di resto fine dining gitu di Florence, Italia. Minta saus sama lada putih, chefnya keluar bawa golok. Untung ditahan sama managernya,” sambung @nyet_nyetz yang ceritanya tak kalah seru.

5. Ikan Bakar di Indonesia Timur

Ikan Beachfront Restaurant : Menikmati Ikan Bakar Mahi-mahi dengan Panorama LautIkan Bakar Mahi-mahi Foto: detikFood/Riska Fitria

Banyak curhatan culture shock tentang makanan yang menarik perhatian. Tapi ada juga curhatan tentang ikan bakar yang bikin bingung banyak orang. Seperti pengalaman @ezzahm.

“Bertahun-tahun tinggal di Indonesia Timur, yang namanya ikan bakar itu ya ikan mentah digaremin dikit, terus dibakar. Sampe Jawa, ikan bakar itu ikannya digoreng dulu. Terus dibakar sambil diolesin kecap. Shock parah,” curhatnya.

Ada juga kisah lucu @chinesecatto yang kaget dengan penampakan pecel di Semarang, tak kalah kocak dari curhatan culture shock lainnya.

“Pertama pindah ke Semarang, dekat kampus ada pecel. Isinya nasi, potongan gorengan, sayur, diguyur bumbu kacang, oh masih normal. Eh sentuhan terakhirnya dikasih semangka,” tulisnya, yang berhasil membuat netizen lain tertawa.

Sebelum thread tentang culture shock makanan. Ada juga thread yang membahas tentang perbedaan makan orang Sumatera yang tak pelit lauk. Thread di Twitter ini mengundang perdebatan dan pro kontra.

Baca juga !