Wed. Aug 17th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Cara Membuat Kopi Cold Brew di Rumah ala Coffee Shop

2 min read

Jakarta –

Cold brew, teknik menyeduh kopi dengan air dingin makin digemari. Kalau mau mencobanya, berikut cara membuat kopi cold brew di rumah.

Cold brew merupakan teknik menyeduh kopi yang kini disukai banyak pencinta kopi. Sesuai namanya, kopi ini diseduh dengan air dingin (cold) bukan air panas seperti biasanya.

Pada dasarnya, cold brew diracik dari biji kopi yang telah dihaluskan dengan air dingin. Campuran ini kemudian disimpan dalam kulkas selama 12-24 jam. Teknik menyeduh kopi ini memungkinkan kopi diekstrak secara perlahan dengan air dingin.

Kopi cold brew mudah dibuat sendiri di rumah. Kamu hanya butuh gelas kaca, air dan biji kopi yang sudah dihaluskan sebagai bahannya.

Mengutip dari Kristine’s Kitchen (26/5), berikut ini cara membuat cold brew sendiri di rumah ala coffee shop:

1. Rasio Kopi dan Air

 

Cara Membuat Kopi Cold Brew ala Coffee ShopCara Membuat Kopi Cold Brew ala Coffee Shop Foto: iStock

Ukuran standar pembuatan kopi cold brew adalah menggunakan 128 gram bubuk kopi untuk 1 cangkir air dingin (236 ml). Perbandingan ini masih bisa disesuaikan dengan selera. Busa dibuat lebih pekat ataupun lebih cair.

Untuk membuat kopi cold brew disarankan memakai biji kopi yang digiling tidak terlalu halus atau coarse. Biji kopi pada tingkat kehalusan ini akan menghasilkan ekstraksi yang lebih baik dibanding dengan memakai biji kopi yang terlalu halus.

 

2. Waktu Penyimpanan

Setelah mencampurkan kopi dan air dingin pada gelas kaca, langkah selanjutnya adalah menyimpan kopi untuk membiarkannya terekstraksi. Cold brew membutuhkan waktu ekstraksi selama minimal 12 jam.

Waktu ekstraksi cold brew selama 12-18 jam ini bertujuan untuk menghasilkan kopi yang sudah terekstraksi pada air dengan sangat baik. Waktu ideal untuk mengekstraksi cold brew ada pada 14-18 jam. Untuk menghasilkan cold brew yang lebih enak dan mengurangi rasa pahitnya, disarankan untuk menyimpannya lebih lama.

3. Menyaring Kopi

Langkah terakhir untuk menyajikan kopi cold brew adalah dengan menyaringnya. Untuk memisahkan ampas kopi dengan kopi yang sudah bisa diminum, cold brew membutuhkan proses penyaringan terlebih dahulu.

Cara yang lebih mudah untuk menyaring cold brew, bisa dengan menggunakan kain halus dan mangkuk yang cukup besar. Kain atau saringan yang halus ini akan memisahkan ampas kopi bahkan sampai butiran terkecil sekalipun. Sehingga kopi yang masuk ke dalam cangkir untuk disajikan bisa terbebas dari ampas kopi.

4. Menyimpan Cold Brew

 

Cara Membuat Kopi Cold Brew ala Coffee ShopCara Membuat Kopi Cold Brew ala Coffee Shop Foto: iStock

Kopi cold brew yang sudah disaring masih bisa disimpan lagi. Dengan begini kamu tidak perlu menyaring kopi tiap kali ingin menikmatinya.

Menyimpan cold brew yang sudah disaring bisa dengan menggunakan wadah kaca yang cukup besar dan yang memiliki penutup rapat. Cold brew bisa disimpan di dalam kulkas dan bertahan hingga satu minggu.

 

Baca juga !