Thu. Sep 29th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Camilan Favorit Keluarga, Cara Membuat Donat Kentang Lembut dan Empuk

2 min read

 Donat kentang salah satu camilan yang disukai banyak orang dari mulai anak-anak hingga orang tua. Cara membuat donat terbilang mudah. Lantas, bagaimana cara membuat donat kentang?

Cara membuat donat bisa dengan mudah kamu temukan di internet. Hanya saja, tak semuanya sukses menggunakan resep tersebut saat mengaplikasikan ulang. Oleh karena itu, pastikan kamu mengikuti dengan benar langkah-langkah membuatnya.

Diketahui, donat sendiri merupakan kudapan yang yang dibuat dengan cara digoreng. Umumnya, donat menggunakan bahan utama seperti tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Namun, kini banyak ditemukan resep donat yang terbuat dari kentang.

Nah, bagi yang akan membuat donat berbahan utama kentang, berikut ini cara membuat donat kentang yang lembut dan empuk yang dilansir dari kanal YouTube CR COOK. Simak penjelasan resep donat kentang berikut ini baik-baik, ya!

Ilustrasi donat kentang. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi donat kentang. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Resep Donat Kentang Empuk dan Lembut

Bahan-bahan:

  • 250gr tepung terigu protein tinggi
  • 100 gr kentang (kukus dan dihaluskan)
  • 2 kuning telur
  • 80-90 susu cair dingin atau air secukupnya
  • 30 gr margarin
  • 40 gr gula pasir
  • 1 ½ ragi
  • ¼ garam
  • Gula bubuk atau meses ceres untuk garnish topping

Sebagai informasi, jika tidak ingin menggunakan susu cair, bisa diganti menggunakan air dingin. Takarannya pun bisa disesuaikan dengan seusai selera.

Cara membuat donat kentang :

  1. Jika semua bahan sudah tersedia, selanjutnya proses pembuatannya. Adapun proses pembuatannya yakni sebagai berikut:
  2. Pertama-tama, masukan tepung terigu, gula pasir dan ragi ke dalam wadah atau baskom. Kemudian, aduk sampai rata
  3. Setelah itu, masukan kentang kukus yang sudah dihaluskan, kuning telur, dan susu cair dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk atau uleni menggunakan tangan.
  4. Pastikan mencuci tangan terlebih dulu sampai bersih sebelum menguleni adonan
  5. Uleni adonan sampai setengah kalis. Jika sudah setengah kalis, tambahkan margarin dan garam. Uleni kembali sampai benar-benar kalis, kurang lebih selama 20 menit.
  6. Agar adonan cepat kalis, bisa lanjutkan menguleni di papan atau meja. Taburkan sedikit tepung di papan atau meja agar tidak lengket. Setelahnya, uleni adonan seperti sedang mencuci baju
  7. Jika adonan sudah benar-benar kalis, potong adonan menjadi beberapa bagian. Jika ingin potongannya memiliki berat yang rata, bisa menggunakan timbangan, tapi itu opsional
  8. Setelah adonan selesai dibagi-bagi, bulatkan potongan adonan tersebut dan rounding sampai permukaannya halus
  9. Lalu, simpan adonan di atas loyang yang sudah ditaburi sedikit tepung agar tidak lengket
  10. Jika semua adonan sudah dibuat bulat-bulat, tutup loyang menggunakan kain. Pastikan bagian loyang yang terbuka sudah tertutup semua.
  11. Diamkan sekitar 25 menit agar mengembang. Setelah itu, tekan dan pipihkan adonan menggunakan jari-jari tangan secara perlahan
  12. Jika semua sudah dipipihkan, lubangi bagian tengah adonan. Jika ada gelembung udara kecil-kecil di bagian adonan, kamu bisa menusuknya menggunakan tusuk sate
  13. Setelah selesai dilubangi, tutup kembali loyang berisi adonan menggunakan kain, lalu diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu, lanjutkan  menggorengnya menggunakan api kecil
  14. Jangan terlalu sering membolak-balik donat, cukup sekali saja membaliknya agar donat tidak banyak menyerap minyak
  15. Jika semua sudah digoreng, sajikan donat dengan garnish topping gula bubuk atau meses ceres
  16. Donat siap disantap.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat donat kentang yang empuk dan lembut. Selamat mencoba, foodies!

Baca juga !