Fri. Sep 30th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Belanda Vs Gibraltar: Singa Oranye Menang Setengah Lusin Gol

3 min read

Rotterdam – Belanda melanjutkan laju positifnya bersama Louis Van Gaal. Menjamu Gibraltar, Singa Oranye menang setengah lusin gol tanpa balas.
Pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup G di De Kuip, Rotterdam, Selasa (12/10/2021) dini hari WIB, Belanda tampil dominan dengan 31 attempts,12 di antaranya on goal. Gibraltar cuma diberikan sekali attempts sepanjang 90 menit.

Memphis Depay membuat dua gol, sementara empat gol sisanya dibagi rata ke Virgil van Dijk, Denzel Dumfries, Arnaut Danjuma, dan Donyell Malen. Tambahan tiga poin mengukuhkan posisi Belanda di urutan 19 poin dari delapan laga.

Belanda unggul dua poin dari Norwegia di posisi kedua dan dalam pole position untuk merebut tiket langsung ke putaran final di Qatar tahun depan.

Belanda memainkan Georginio Wijnaldum dan Virgil van Dijk yang sempat absen pekan lalu karena akumulasi kartu kuning. Tampil menyerang sejak menit awal, Belanda berupaya mencetak gol secepatnya.

Van Dijk membuka keunggulan Belanda pada menit kesembilan. Diawali korner Memphis Depay ke tiang dekat, Van Dijk yang lolos dari kawalan mampu menanduk bola ke gawang Gibraltar kawalan Bradley Banda.

Setelah gol itu, Belanda terus menekan Gibraltar yang nyaris tak bisa keluar dari sepertiga awal permainan mereka. Banda di bawah mistar Gibraltar harus berjibaku mengamankan gawangnya dari serbuan para pemain Belanda.

Di menit ke-16, Noa Lang mendapat umpan terobosan Memphis dan melepaskan sepakan keras ke pojok atas gawang, tapi Banda bisa menepisnya.

Belanda mendapat hadiah penalti di menit ke-19 setelah tandukan Stefan de Vrij mengenai tangan Graeme Torilla. Wasit sempat mengecek VAR dulu sebelum sepakan 12 pas diambil Memphis.

Sayangnya, sepakan Memphis ke arah kanan mampu dibendung Banda. Tapi, Memphis membayar kesalahan itu dua menit kemudian saat membawa Belanda memimpin 2-0.

Lang memberikan umpan terobosan kepada Davy Klaassen yang lolos dari jebakan offside. Tinggal berhadapan dengan kiper, Klaassen memilih mengoper ke sisi kanannya dan Memphis mudah saja menyonteknya ke gawang kosong,

Belanda tak menurunkan intensitas serangan untuk terus mencari gol sebanyak-banyaknya. Gibraltar sempat mendapat peluang pertamanya di menit ke-37 lewat sepakan bebas Reece Styche di depan kotak penalti, tapi masih membentur pagar hidup.

Gini Wijnaldum membuat peluang untuk Belanda di menit ke-43, tapi sepakan jarak dekatnya bisa dibendung Banda. Belanda lantas mendapat penalti lagi di menit akhir babak pertama.

Lagi-lagi VAR memberikan penalti untuk Belanda setelah sepakan Steven Berghuis menyentuh tangan Julian Valarino. Kali ini Memphis mampu menunaikan tugas dengan baik karena bola tendangannya mengecoh Banda.

Masuk di babak kedua, Belanda tak menurunkan tempo dan langsung mencetak gol di menit ke-48. Kerja keras Lang dari sisi kiri dituntaskan dengan sundulan Denzel Dumfries di depan gawang.

Setelah unggul 4-0, Belanda menurunkan tempo permainan dan tidak lagi menekan habis Gibraltar. Mereka lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah dan juga sisi sayap yang jadi fokus serangan.

Belanda memperbesar keunggulan jadi 5-0 di menit ke-75. Memphis mengirimkan umpan lambung yang disundul Wout Weghorst dan bola mengarah ke Arnaut Danjuma, yang mencocornya di depan gawang

Belanda belum mau berhenti bikin gol karena mampu menjebol gawang tim tamu untuk keenam kalinya di menit ke-86. Memphis bermain umpan 1-2 dengan Weghorst, sebelum mengirimkan umpan terobosan kepada Donyell Malen, dan dituntaskan ke tiang jauh.

Pertandingan Belanda vs Gibraltar ditutup dengan kemenangan 6-0 untuk tuan rumah.

Susunan pemain

Belanda: Justin Bijlow; Denzel Dumfries, Stefan de Vrij, Virgil van Dijk, Daley Blind; Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong (Wout Weghorst 60′), Davy Klaassen; Steven Berghuis (Arnaut Danjuma 60′), Memphis Depay, Noa Lang (Donyell Malen 78′).

Gibraltar: Bradley Banda; Jayce Mascarenhas-Olivero, Louie John Annesley, Roy Chipolina (Ethan Britto 45′), Scott Wiseman; Liam Walker (Mohamed Badr Hassan 80′), James Bosio (Kian Ronan 45′), Joseph Chipolina; Reece Styche (Lee Casciaro 62′), Graeme Torrilla (Aymen Mouelhi 89′), Julian Valarino.