Mon. Sep 26th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Badai Tropis Meari Dekati Tokyo, Ratusan Penerbangan di Jepang Dibatalkan

2 min read

Jakarta – Badai tropis Meari mendekati ibu kota Jepang, Tokyo, pada Ahad 14 Agustus 2022. Badai kedelapan di Jepang sepanjang 2022 itu membawa angin kencang dan hujan lebat sejak Sabtu di pulau utama Jepang, Honshu. Kini, topan itu bergerak ke timur laut menuju Tokyo.

Badan meteorologi Jepang mengatakan Meari mendarat di prefektur Shizuoka di barat daya Tokyo pada Sabtu sore. Topan ini membawa hujan lebat hingga 300 milimeter dan angin kencang ke daerah yang luas sehingga memicu peringatan tentang tanah longsor dan banjir. Lebih dari 72.000 orang di kota utama Shizuoka diperintahkan mengungsi karena kemungkinan tanah longsor.

Meari, dengan kecepatan angin hingga 45 mph, melewati Shizuoka dan melaju dengan kecepatan sekitar 12 mph. Badai diperkirakan akan berlanjut ke utara sebelum berbelok ke timur, berayun di atas Samudra Pasifik pada Minggu pagi.

Daerah Tokyo dihantam oleh hujan yang turun secara berkala mulai pagi hari. Peringatan gelombang tinggi di daerah pesisir dikeluarkan untuk Tokyo, prefektur Kanagawa di barat daya Tokyo, dan daerah terdekat lainnya.

Para pemilik dan pengelola kafe dan restoran di Tokyo telah memutuskan untuk tidak mengambil risiko dengan mengurangi jam buka. Lalu lintas kapal feri di Prefektur Kanagawa, Chiba, dan Ibaraki pun telah dihentikan.

Sejumlah maskapai Jepang telah membatalkan lebih dari 200 penerbangan. Selain itu, festival rock terbesar di negara Asia Timur itu, yakni Festival Rock in Japan 2022, juga dibatalkan pada hari terakhir, mengingat prakiraan cuaca setempat menunjukkan ada tornado di Chiba, tempat acara itu seharusnya berlangsung.

Meari, yang diterjemahkan dari Bahasa Korea sebagai “gema”, muncul di selatan Jepang sejak Jumat. Tekanan di tengah topan mencapai 998 hektopaskal. Kecepatan angin di tengah adalah 20 meter per detik dengan embusan hingga 30 meter per detik. Badai tropis itu diperkirakan akan mencapai pantai timur laut Jepang pada Ahad pagi dan kemudian bergerak ke timur laut menuju Samudera Pasifik.

Baca juga !