Sun. Jun 26th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

AMD Pastikan Ada CPU Zen 4 dan GPU RDNA 3 pada 2022

2 min read
 Di tengah krisis produksi chip saat ini, AMD memastikan mereka masih terus melanjutkan proyek pengembangan CPU dan GPU baru. Dipastikan ada Zen 4 dan RDNA 3 untuk diluncurkan pada 2022 mendatang.

Perusahaan chip ternama ini diketahui telah menyiapkan roadmap generasi terbaru produk mereka. Yakni Zen sebagai arsitektur prosesor yang digunakan AMD Ryzen, juga RDNA untuk chip kartu grafis mereka.

Paling baru, dalam wawancara kepada Wccftech, CEO AMD, Dr. Lisa Su memastikan kalau pengembangan CPU dan GPU mereka masih pada jalurnya. Juga tetap pada jadwal untuk meluncurkan generasi berikutnya pada 2022.

Kami tetap berada di jalur yang tepat untuk meluncurkan produk generasi berikutnya pada tahun 2022, termasuk prosesor Zen 4 kami yang dibuat dengan teknologi proses 5nm terdepan di industri dan GPU RDNA 3 kami.” ungkap Dr. Lisa Su kepada Wccftech.

Dari sini juga diketahui kalau AMD tidak hanya memiliki satu keluarga Ryzen Desktop, namun dua pada 2022. Yakni Zen 3 yang memiliki 3D V-Chace, dan Zen 4 yang menggunakan codename Raphael.

Zen 4 nantinya disebut-sebut akan menggunakan proses 5 nm. AMD juga mengisyaratkan penambahan jumlah core. Dari saat ini Ryzen maksimal pada 16 core – 32 thread, nanti bisa lebih banyak lagi.

AMD dikabarjuga juga meningkatkan IPC hingga 25 persen pada Zen 4 dibandingkan Zen 3 saat ini. Tidak ketinggalan, peningkatan clock yang diperkirakan bisa mencapai sekitar 5 GHz.

Sedangkan dari sisi GPU, AMD diduga tengah menyiapkan seri kartu grafis Radeon RX (7000) generasi berikutnya yang memiliki performa lebih tinggi. Juga menjadi disebut-sebut akan memakai desain MCM (Multi-Chip Module).

Kartu grafis Radeon RX 7000 diperkirakan akan menggunakan chip AMD berbasis RDNA 3 yang menggunakan GPU Navi 3x, termasuk Navi 32, Navi 32, dan Navi 33. Nantinya akan menggunakan roses fabrikasi 5 nm dari TSMC.

Sayangnya AMD belum membagikan tanggal pasti kapan CPU Zen 4 dan GPU RDNA 3 akan diluncurkan. Namun dipastikan bakal ada pada 2022 mendatang.