Wed. Jul 28th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Adobe Premiere Pro Tersedia di Apple M1

1 min read

Jakarta –

Adobe akhirnya merilis Premiere Pro untuk perangkat Mac dengan chip Apple M1, setelah melalui masa beta-nya sejak Desember lalu.

Premiere Pro yang mendukung chip M1 secara native ini dijanjikan punya peningkatan yang signifikan dibanding sebelumnya. Seperti 50% lebih kencang saat dibuka dan 77% lebih kencang saat dipakai mengedit video, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (21/7/2021).

Kehadiran aplikasi Adobe ini bisa dibilang sangat penting karena banyak dipakai oleh kreator konten. Adobe sendiri terbilang cepat dalam merilis aplikasi yang kompatibel untuk chip M1, sejak perangkat Mac pertama dengan chip ini dirilis pada November lalu.

Contohnya Lightroom untuk M1 dirilis pada Desember, lalu Photoshop pada Maret, kemudian Lightroom Classic, Illustrator, dan InDesign untuk M1 yang hadir pada Juni lalu.

Bersama dengan Premiere Pro, Adobe pun merilis Character Animator dan Media Encoder untuk system on a chip (SoC) berbasis ARM tersebut.

Premiere Pro juga kebagian sejumlah fitur baru pada pembaruan bulan Juli ini. Salah satunya adalah fitur ‘speech to text’, yang bisa otomatis membuat transkrip percakapan dari audio yang ada dalam video.

Mac dengan chip M1 dirilis pada November 2020. Perangkat dengan chip M1 pada dasarnya bisa menjalankan aplikasi untuk Mac dengan prosesor Intel, namun untuk bisa mendapat semua keunggulan M1, softwarenya perlu dirombak untuk mendukung arsitektur ARM.

Adobe adalah salah satu pembuat software yang digaet Apple untuk memulai migrasi dari Intel ke M1. Sebabnya software buatan mereka banyak digunakan di banyak pengguna Mac, bahkan bisa juga disebut software kreatif wajib di berbagai industri.