Mon. May 23rd, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

5 Kreasi Nastar Kekinian, Ada Nastar Matcha dan Nastar Gulung

3 min read

Jakarta –

Tak hanya berbentuk bulat dengan isian selai nanas, kue nastar untuk suguhan lebaran juga bisa dikreasikan lebih kekinian. Mulai dari nastar matcha hingga nastar gulung.

Kue nastar identik dengan perayaan lebaran Idul Fitri. Kue dengan isian selai nanas ini selalu menjadi favorit semua orang. Maka tak heran setiap rumah pasti punya suguhan kue nastar.

Selama ini, kue nastar suguhan untuk lebaran dikenal dengan bentuknya yang bulat-bulat. Supaya lebih menarik dan tak membosankan, kamu bisa berkreasi membuat kue nastar menjadi lebih kekinian.

Misalnya menambahkan cita rasa baru seperti rasa matcha pada adonannya. Atau menambah selai buah lainnya untuk isian kue nastar. Dan bisa juga mengubah bentuknya jadi lebih unik.

Berikut 5 kreasi nastar kekinian yang bisa dicoba untuk lebaran:

 

1. Nastar Matcha

 

 

5 Kreasi Nastar Kekinian, Ada Nastar Matcha dan Nastar Gulung5 Kreasi Nastar Kekinian, Ada Nastar Matcha dan Nastar Gulung Foto: detikfood

Matcha selalu menjadi favorit para foodies. Maka tak heran varian matcha selalu ada di segala jenis makanan. Salah satunya adalah nastar untuk suguhan lebaran. Nastar matcha memiliki rasa yang lebih ringan.

Meski begitu, paduan matcha tersebut sama sekali tidak menghilangkan ciri khas nastar dengan selai nanas yang legit dan asam segar. Cara membuat nastar matcha juga tak jauh berbeda dari nastar pada umumnya.

Perbedaannya hanya pada tambahan bahan berupa bubuk matcha atau green tea. Jika adonan sudah berwarna hijau, baru kemudian dibentuk bulat-bulat dan dipanggang hingga matang.

 

2. Nastar Kurma

5 Cara Membuat Nastar Anti Gagal dari Chef Yongki Gunawan5 Cara Membuat Nastar Anti Gagal dari Chef Yongki Gunawan Foto: iStock

Buah kurma identik dengan bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Nah, memadukan buah kurma jadi isian nastar juga bisa menjadi ide yang baik. Namun, tetap juga tidak menghilangkan ciri khas nastar.

Isian berupa selai nanas tidak dihilangkan, hanya saja ditambah dengan buah kurma. Kreasi nastar kekinian yang satu ini pernah dibuat oleh Chef Yongki Gunawan.

Pada racikannya, Chef Yongki Gunawan juga menambahkan cengkeh. Menurut Chef Yongki, bukan hanya kurma saja yang bisa dijadikan isian nastar. Buah durian yang lembut dan creamy juga cocok.

3. Nastar Taiwan

Resep Nastar Taiwan yang Lembut Gurih dan MengilapResep Nastar Taiwan yang Lembut Gurih dan Mengilap Foto: [email protected] Gunawan

Ada beberapa perbedaan antara nastar di Indonesia dan di Taiwan. Mulai dari namanya hingga ukurannya. Di Taiwan, kue nastar lebih dikenal dengan sebutan pineapple cake.

Karena pada dasarnya kue nastar bukan termasuk kue kering. Selain itu, nastar di Taiwan memiliki ukuran yang lebih besar dari pada nastar di Indonesia.

Bukan hanya itu, bentuknya pun beragam, ada yang berbentuk daun, bunga hingga hati. Biasanya nastar di Taiwan dikemas per satu buah. Tidak seperti di Indonesia yang dikemas dalam satu wadah dengan isian yang banyak.

4. Nastar Gulung

5 Kreasi Nastar Kekinian, Ada Nastar Matcha dan Nastar Gulung5 Kreasi Nastar Kekinian, Ada Nastar Matcha dan Nastar Gulung Foto: detikfood

Ternyata nastar tidak hanya dapat dibentuk bulat-bulat. Kamu juga bisa mengkreasikan kue nastar dengan berbagai bentuk. Salah satu yang populer dan pernah menjadi tren adalah kue nastar gulung.

Cara membentuknya adalah menggulung isian berupa selai nanas dengan adonan kue nastar. Sebelum digulung, adonan kue nastar lebih dulu dicetak dengan rolling pin dengan tekstur bergaris.

Pada saat menggulung, sisi kanan dan kiri kue tidak tertutup dengan adonan, sehingga isian selai nanasnya terlihat. Lalu, adonan dioles dengan kuning telur dan dipanggang hingga matang.

5. Nastar Buah

 

 

5 Kreasi Nastar Kekinian, Ada Nastar Matcha dan Nastar Gulung5 Kreasi Nastar Kekinian, Ada Nastar Matcha dan Nastar Gulung Foto: detikfood

Supaya lebih menarik perhatian para tamu, kue nastar suguhan lebaran jika bisa dibuat dengan bentuk buah-buahan. Kamu bisa membuat dengan bentuk apel, manggis, strawberry, apel dan lainnya.

Kue nastar berbentuk buah-buahan ini memang agak sulit, karena dibuat tanpa menggunakan cetakan. Kue nastar harus dibuat secara manusia satu per satu.

Supaya terlihat seperti buah aslinya, kamu bisa menambahkan hiasan berupa daun dan tangkai. Jangan lupa juga untuk melukis permukaan nastar dengan pewarna makanan sesuai warna asli buahnya.

Baca juga !