Sat. Oct 8th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

4 Tahun Gubernur Anies, NasDem Soroti Penanganan Sampah-Banjir

2 min read

Jakarta – NasDem DKI Jakarta memberikan sejumlah catatan pada 4 tahun kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan di Jakarta yang jatuh hari ini. NasDem mengatakan Anies masih memiliki pekerjaan rumah (PR) dalam menangani banjir dan sampah.
“Masih ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan di akhir masa jabatan juga ya, pertama terkait dengan masalah penanganan sampah. Sebagaimana kita ada terobosan juga, istilahnya pengelolaan sampah berbasis teknologi itu ITF, artinya memang sudah direncanakan, tetapi kan sampai saat ini masih belum terealisasi,” kata Wakil Ketua Fraksi NasDem DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh kepada wartawan, Jumat (15/10/2021).

Nova mengatakan DKI Jakarta masih terkendala lahan sebagai tempat penampungan sampah sementara (TPS). Sementara jumlah penduduk terus bertambah.

“Kalau misalnya kita lihat sekarang ini di beberapa wilayah di Jakarta ini kita terkendala terkait dengan masalah TPS, tempat penampungan sementara. Artinya lahan-lahan untuk sementara pengumpulan sampah misalnya di dalam RW, RT, itu masih sempit. Penduduknya tambah banyak, tetapi tempat penitipan sampahnya luasannya tidak bertambah,” kata dia.

Nova mengatakan kapasitas TPST Bantargebang juga hampir penuh. Dia berharap di sisa masa kerja, Anies bisa menuntaskan masalah sampah di Ibu Kota.

“Kita lihat saja Bantargebang saja tonase sudah sangat tinggi sekali, tapi ada solusinya dengan program RDF, Refuse Derived Fuel, ini kami mendorong juga agar RDF segera terealisasi, meskipun cuma 1.000 ton sehari, itu yang ada di Bantargebang. Jadi saya harap bisa fokus, bisa selesai masa akhir jabatannya,” lanjutnya.
Nova juga menyoroti penanganan banjir Jakarta yang dilakukan oleh Anies. Dia menilai harus ada terobosan besar mengenai program untuk mengatasi banjir ini.

“Saya juga sering sampaikan juga terkait masalah banjir penanganannya bagaimana program besar masalah banjir juga yang harus terselesaikan di akhir masa jabatannya,” kata dia.

Namun demikian, Nova mengatakan kinerja Anies dalam menangani pandemi Corona cukup baik. Serta kinerja dalam mendorong program vaksinasi.

“Tetapi memang saya sampaikan terlihat kalau penanganan COVID, pandemi selama dua tahun ini saya kira Pak Anies sudah cukup baik, apalagi cakupan vaksinasinya. Tatapi memang ada dua PR itu terkait dengan sampah dan banjir,” sebutnya.

Hari ini, Anies tetap 4 tahun menjadi Gubernur DKI Jakarta. Anies dilantik bersama Sandiaga Uno pada 16 Oktober 2017 setelah menang dalam Pilgub 2017.

Anies sempat memimpin DKI Jakarta sendirian karena mundurnya Sandi sebagai wagub pada 10 Agustus 2018 lantaran mencalonkan diri sebagai wapres. Namun kursi wagub itu sudah diisi kembali oleh politikus Gerindra Riza Patria pada 6 April 2020.

Baca juga !