Tue. Oct 20th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Waspada, Ini 6 Negara Paling Berbahaya untuk Solo Traveler Perempuan

2 min read

Solo traveling menjadi aktivitas yang semakin disukai akhir-akhir ini. Namun, bagi kaum perempuan, solo traveling tentu memiliki risiko tersendiri.

Mulai dari tingkat keamanan hingga isu kesetaraan gender, ada beberapa negara yang sebaiknya tidak dikunjungi traveler perempuan sendirian.

Hal ini diperkuat hasil penelitian travel blogger Asher dan Lyric Ferguson, yang telah membuat Women’s Danger Index untuk setiap negara menggunakan sumber seperti Gallup World Poll, UN Women, Georgetown Institute, dan World Economic Forum.

Index itu sendiri menggunakan delapan faktor: tingkat keamanan saat berjalan sendirian di malam hari, pembunuhan pada perempuan, kekerasan seksual, kekerasan seksual oleh pasangan, diskriminasi legal, global gender gap, kesenjangan gender, dan kekerasan pada sikap perempuan.

Solo traveler perempuan sudah menjadi tren populer dan perempuan sering pergi ke tempat yang berbahaya hanya berdasarkan cerita teman atau foto Instagram,” ujar Lyric Fergusson seperti dilansir dari Insider.

Maka, berbekal indeks tersebut, keduanya pun berharap agar solo traveler perempuan dapat memiliki data dan tahu negara mana saja yang berbahaya untuk didatangi.

Berikut 6 negara yang paling tidak aman untuk dikunjungi traveler perempuan sendirian.

1. Afrika Selatan

Afrika Selatan (Pixabay/12019)
Afrika Selatan (Pixabay/12019)

Afrika Selatan disebut sebagai negara terbaik untuk dikunjungi di benua Afrika. Namun, perempuan disarankan untuk tidak pergi ke sana sendirian.

Salah satu alasannya adalah hanya 25% perempuan di Afrika Selatan yang merasa aman untuk berjalan sendirian saat malam.

Selain itu, tingkat pembunuhan pada perempuan di negara ini juga termasuk tinggi.

2. Brasil

Waspada, Ini 6 Negara Paling Berbahaya untuk Solo Traveler Perempuan - 2

Sedikit mirip dengan Afrika Selatan, hanya 28% perempuan di Brasil yang merasa aman untuk berjalan sendirian saat malam.

Selain itu, tingkat pembunuhan pada perempuan, kekerasan oleh pasangan, dan ketimpangan gender di Brasil juga termasuk sebagai yang terburuk.

3. Rusia

Rusia (Pixabay/designerpoint)
Rusia (Pixabay/designerpoint)

Rusia mungkin merupakan negara yang punya aneka arsitektur menawan serta tampak cocok untuk solo traveling.

Namun, bagi perempuan, tidak disarankan untuk mengunjungi Rusia sendirian kaena tingginya tingkat pembunuhan dan diskriminasi di sana.

4. Meksiko

Meksiko (Pixabay/mariamichelle)
Meksiko (Pixabay/mariamichelle)

Meksiko juga merupakan destinasi populer bagi solo traveler. Sayangnya, sebanyak 33% perempuan di sana mengaku tidak aman saat berjalan sendirian kala malam.

Tidak hanya itu, tingkat kekerasan seksual pada perempuan di Meksiko juga berada di posisi ketiga terburuk.

5. Iran

Iran (Pixabay/VladoZg)
Iran (Pixabay/VladoZg)

Perempuan di Iran mengaku jika mereka merasa takut untuk berjalan sendirian saat malam dan juga mengalami kekerasan oleh pasangan mereka.

Tidak hanya itu, Iran juga memiliki isu soal diskriminasi dan ketimpangan gender yang parah.

6. Republik Dominika

Republik Dominika (Pixabay/12019)
Republik Dominika (Pixabay/12019)

Terakhir, ada Republik Dominika yang terkenal dengan pantainya dan tampak sebagai destinasi ideal bagi traveler perempuan.

Namun, ada baiknya jika perempuan datang kemari bersama-sama karena hanya 33% perempuan yang mengaku aman untuk berjalan sendirian.

Tidak hanya itu, tingkat pembunuhan pada perempuan di negara tropis ini juga mencapai 67,2 pada indeks.

Baca juga !