Sun. Sep 20th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

UU Uni Eropa Wajibkan Apple Pakai USB Type C di iPhone

2 min read

Jakarta – Apple mungkin harus menanggalkan konektor Lightning di masa depan. Pasalnya Uni Eropa akan menerapkan undang-undang baru yang mengharuskan produsen menggunakan konektor seragam.

Komisi Eropa telah sejak lama mendorong produsen ponsel untuk memiliki konektor pengisian tunggal. Salah satu tujuannya untuk mengurangi limbah elektronik.

Hanya saja pendekatan dilakukan sebatas sukarela. Sehingga dirasa kurang efektif lantaran masih ada vendor yang masih menggunakan port yang berbeda.

Kondisi itu membuat beberapa anggota Parlemen Eropa mendesak Komisi Eropa untuk mengambil tindakan lebih serius. Dalam pernyataannya anggota Komisi Maros Sefcovic mengatakan komite mengusulkan untuk melakukan pendekatan secara legislatif.

Artinya akan ada undang-undang yang dibuat. Sehingga itu dapat memaksa setiap produsen ponsel cerdas menggunakan metode pengisian tunggal.

Namun usulan tersebut masih jadi perdebatan. Keputusan finalnya akan diambil lewat pemungutan suara yang akan dilakukan pada sesi berikutnya.

UU Uni Eropa Wajibkan Apple Pakai USB Type C di iPhonePort USB Type C pada ponsel. Foto: Engadget

Bilamana usulan undang-undang disepakti, mau tidak mau Apple harus menanggalkan port Lightning. Raksasa teknologi asal Cupertino itu wajib menggantikannya dengan USB Type C yang saat ini banyak digunakan.

Untuk diketahui pada 2009 ada lebih dari 30 konektor pengisian data. Kampanye konektor pengisian tunggal yang dilakukan Uni Eropa berhasil menyusutkan menjadi tiga port, yakni microUSB, USB Type C dan Lightning.

Pada 2018, anggota parlemen Eropa melakukan penilaian dampak awal akan gagasan konektor pengisian tunggal dan meminta umpan balik dari produsen. Januari tahun lalu Apple telah sempat memberikan pendapatnya.

Mereka berpendapat peraturan yang akan mendorong konektor pengisian tunggal di semua smartphone akan membekukan inovasi daripada mendorongnya. Usulan itu berdampak buruk bagi lingkungan dan akan mengganggu pelanggan.

Apple beralasan hampir 1 miliar perangkat telah dikirim ke konsumen menggunakan konektor Lightning. Itu belum aksesori yang dibuat pihak ketiga. Sehingga akan menghasilkan volume limbah elektronik yang begitu besar.

Terlepas dari keengganannya itu, bukan tidak mungkin Apple akhirnya dapat membuang Lightning dari perangkat iOS. Lihat saja iPad dan MacBook pun telah beralih ke USB-C.