Tangan Melepuh Kena Minyak Panas, Ini yang Harus Dilakukan

Memasak adalah kegiatan yang menyenangkan bagi setiap ibu rumah tangga. Hal ini lantaran mereka dapat memberikan masakan yang lezat, sehat dan bergizi bagi seluruh anggota keluarga. Namun, terkadang memasak menjadi kegiatan yang menakutkan.

Terutama ketika Anda menggoreng bahan makanan seperti ikan dan ayam yang cipratan minyaknya bisa mengenai tangan Anda. Tentu saja itu bisa menyebabkan luka bakar dan infeksi kulit.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk melindungi kulit Anda jika terjadi kecelakaan di dapur saat memasak.

1. Air dingin

Siram bagian tubuh yang terkena suhu panas atau minyak panas dengan air dingin atau tempelkan es pada area itu. Ini pada dasarnya akan menghentikan pembakaran. Biarkan area yang melepuh menjadi dingin dan jangan sampai bagian tubuh Anda yang terbakar terkena benda apa pun.

Lepaskan semua pakaian atau kain yang menempel di area kulit yang terbakar. Ini juga akan membuat Anda menilai intensitas luka bakar dan melihat apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

2. Identifikasi luka bakar

Selanjutnya, identifikasi tingkat luka bakar. Luka bakar yang sudah mencapai tingkat tertentu perlu dirawat di bawah pengawasan ahli. Namun, sebelum pergi ke klinik atau rumah sakit, yang dapat Anda lakukan di rumah adalah mengidentifikasi seberapa buruk luka bakar Anda dengan melihat gejalanya.

Jika luka bakar terasa seperti bintik berduri yang gatal dan berwarna merah tetapi tidak melepuh, itu mungkin luka bakar tingkat pertama. Namun, jika luka bakar mulai mengelupas hingga kelihatan daging di bawahnya, itu adalah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

3. Apa yang akan dilakukan selanjutnya?

Luka bakar tingkat pertama dapat dengan mudah diatasi dengan meminum obat untuk menghilangkan rasa sakit dan mengaplikasikan kompres es, sedangkan luka bakar yang parah memerlukan konsultasi ahli. Luka bakar karena kecelakaan dapur yang parah adalah ketika Anda tersiram semangkuk air atau minyak panas.

Mengaplikasikan lidah buaya alami juga dapat membantu mengobati luka bakar. Untuk luka bakar tingkat dua dan tiga, membersihkan luka itu penting. Jadi yang terbaik adalah langsung mengobatinya tanpa ditunda dalam waktu lama.