Sun. Jun 20th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Taklukkan Liverpool, Man City Juara Community Shield 2019

3 min read

LONDON – Liverpool melawan Manchester City untuk memperebutkan Community Shield 2019 di Stadion Wembley, Minggu (4/8/2019), malam WIB. Pertarungan antara dua tim besar Inggris itu berjalan ketat menit awal babak pertama.

Pertandingan dilanjutkan hingga babak adu penalti setelah skor 1-1 menghiasi waktu normal. Pada babak adu penalti, Liverpool kalah 4-5 dari Man City setelah Georginio Wijnaldum gagal mencetak gol dari titik putih.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Liverpool tidak terlalu baik dalam memulai babak pertama karena kalah penguasaan bola dari Man City. Meski penguasaan bola dimiliki Man City tetapi Liverpool yang mendapatkan peluang pertama untuk mencetak gol.

Peluang yang didapatkan Liverpool bermula dari aksi Joe Gomez yang merebut bola dari kaki Raheem Sterling. Gomez kemudian mengoper bola itu ke Divock Origi yang langsung bekerja sama dengan Roberto Firmino untuk melancarkan serangan.

Firmino mengakhiri kerja sama itu dengan sepakan setengah voli dengan kaki kirinya. Akan tetapi, Claudio Bravo masih cukup sigap untuk mengagalkan peluang itu sehingga kedudukan pun masih 0-0 pada menit keenam.

Man City (Foto: Twitter/@ManCity)

Kedudukan di papan skor akhirnya berubah saat Alisson Becker memungut bola dari gawangnya pada menit 12. Sterling jadi aktor antagonis untuk Liverpool karena sepakannya yang memanfaatkan kemelut di depan gawang mampu mengubah skor kacamata di papan skor. Liverpool tertinggal satu gol dari The Citizens -julukan Man City.

Liverpool pun berusaha untuk meningkatkan tempo permainan demi mencetak gol penyeimbang kedudukan. Akan tetapi, hal yang terjadi justru sebaliknya karena permainan semakin melambat seiring bertambahnya waktu. Alhasil, tidak ada gol tambahan yang tercipta sehingga kedudukan di papan skor tak mengalami perubahan pada akhir babak pertama.

Babak Kedua

Liverpool yang butuh tambahan gol langsung melancarkan serangan ke pertahanan Man City guna membuat kedudukan berimbang. The Reds –julukan Liverpool– mendapatkan peluang emas untuk membuat gol pada menit 57.

Virgil van Dijk melepaskan tembakan kaki kanan setengah volI yang tak mampu diantisipasi Bravo dengan baik. Bola yang sempat menyentuh tangan kanan Bravo memantul ke tiang dan masuk ke gawang.

Namun, bola belum 100% melewati gawang sehingga wasit pun tidak memberikan gol untuk Liverpool. Beberapa pemain Liverpool sempat memberikan protes terhadap wasit tetapi keputusan itu tidak berubah.

Liverpool yang terlalu asyik menyerang membuat Man City mampu melancarkan serangan balik berbahaya. Sterling yang mencetak gol di babak pertama sudah berhadapan satu lawan satu dengan Alisson tetapi sentuhan terakhirnya gagal mengubah kedudukan di papan skor.

Joel Matip (Foto: Twitter/@LFC)

Setelah peluang itu, akhirnya Liverpool mampu menyamakan kedudukan melalui aksi Joel Matip yang baru masuk di babak kedua. Sundulan Matip pada menit 77 membuat Bravo harus memungut bola dari gawang Man City.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir dan itu membuat pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Patut disayangkan, Liverpool kalah dalam babak adu penalti dengan skor 4-5 dari Man City. Dari lima penendang Liverpool hanya Georginio Wijnaldum yang gagal membobol gawang Bravo.

Berikut susunan pemain Liverpool vs Man City di Community Shield 2019:

LIVERPOOL (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Divock Origi.

MAN CITY (4-3-3): Claudio Bravo; Kyle Walker, John Stones, Nicolas Otamendi, Oleksandr Zinchenko; Kevin de Bruyne, Rodri, David Silva; Bernardo Silva, Raheem Stering, Leroy Sane.