Tak Pernah Jatuh Cinta Pandangan Pertama, Waspada Gejala Demiseksual

Bagi sebagian orang cinta pada pandangan pertama adalah hal yang biasa. Setiap orang bisa saja tertarik hanya dengan bertatap mata, mengagumi sesuatu dari lawan jenisnya misalnya gaya rambut, hingga senyum yang menawan. 

Beberapa di antaranya mungkin bisa jatuh cinta lewat kontak fisik yang dekat misalnya hanya dengan sentuhan atau berciuman.

Namun ternyata, ada pula lho orang yang tidak pernah merasakan ketertarikan apapun meskipun hanya sesaat. Mereka tidak bisa merasakan ketertarikan sesaat, kondisi tersebut dikenal dengan istilah demiseksual.

Dilansir laman Seventeen, orang yang mengidap demiseksual sangat kesulitan untuk tertarik dengan seseorang. Untuk bisa tertarik terhadap orang lain, orang demiseksual harus memiliki koneksi mental dan emosional terlebih dahulu dengan orang tersebut, bukan kontak fisik.

Menurut ahli, orang demiseksual harus memiliki hubungan yang sangat dekat dan kuat secara emosional sebelum bisa menginginkan intimasi seksual. Untuk orang demiseksual, intimasi pada awalnya bersifat platonik. Ketertarikan secara seksual berkembang seiring dengan semakin dalamnya hubungan.

Ketika berpapasan dengan orang lain yang memiliki penampilan fisik menarik di jalan, orang demiseksual tidak akan bisa langsung tertarik secara seksual dengan orang tersebut.

Tidak seperti kebanyakan orang, orang demiseksual tidak memiliki sosok selebriti yang disukai ataupun jatuh cinta pada pandangan pertama. Menurut orang demiseksual, hal-hal seperti itu tidak masuk akal.

Untuk orang demiseksual, hubungan asmara dimulai dengan pertemanan, yang mungkin di kemudian hari bisa berkembang menjadi cinta. Menurut orang demiseksual, seks tetap penting. Tidak ada yang salah dengan gairah seksualnya.

Namun, bagi orang demiseksual, hal-hal yang bisa meningkatkan gairah seksual adalah kepintaran dan kepribadian, bukan penampilan fisik yang menarik dari orang lain. Jadi, orang demiseksual benar-benar harus mengenal dekat seseorang, sebelum bisa merasa tertarik secara seksual dengannya.

Lalu, bagaimana cara membedakan orang demiseksual dengan orang yang sebatas hanya tidak tertarik memiliki hubungan seksual dini dengan orang lain? Coba lihat dari awal hubungan romantis dan seksual yang Anda alami.

Jika Anda membutuhkan waktu untuk bisa merasakan koneksi yang dekat, atau jika kamu membutuhkan banyak waktu untuk mengenal satu sama lain sebelum bisa merasakan koneksinya, maka kemungkinan Kamu seorang demiseksual.

Ketimbang jenis seksualitas lainnya, mungkin demiseksual termasuk yang paling sedikit dan belum banyak diketahui. Selain itu, demiseksual juga mirip dengan aseksual, sehingga banyak orang yang sering membandingkan keduanya.

Aseksual sendiri adalah orang yang sama sekali tidak memiliki ketertarikan seksual dengan orang lain. Meskipun mirip, tapi aseksual dan demiseksual berbeda. Inilah kenapa banyak orang yang bingung membedakan keduanya.