Mon. Apr 12th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Studi Ungkap Hubungan Kadar Testosteron dengan Asma, Simak Penjelasannya!

1 min read

 Hormon testosteron ternyata ada hubungannya dengan asma. Penelitian yang kemudian dipublikaskan dalam American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine telah membuktikan hal ini.

Para peneliti menemukan bahwa wanita yang memiliki penyakit asma cenderung memiliki kadar testosteron yang lebih rendah dibanding wanita yang tidak mengalami penyakit ini.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa hormon seks estradiol dan testosteron yang ‘bebas’ atau tidak terikat protein berkontribusi terhadap perbedaan jenis kelamin penderita asma di antara orang dewasa,” kata penulis studi Juan C Celedon dari University of Pittsburgh di AS dilansir dari thehealthsite.

Lebih jauh, lanjutnya, obesitas tampaknya mengubah efek hormon-hormon tersebut pada asma, baik pada wanita dan pria. Peneliti pun ingin menguji adakah hubungannya dengan berat badan.

Studi ini telah menganalisis data dari 9.238 orang dewasa berusia 18-79 tahun, yang berpartisipasi dalam Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES) Amerika Serikat tahaun 2013-2016.

Penyakit Asma (Shutterstock)
Penyakit Asma (Shutterstock)

Dari keseluruhan, sembilan persen peserta menderita asma. Perbandingan wanita dan pria yang menderita asma, yaitu 12,5 dan 6,1 persen.

Menurut studi tersebut, peningkatan kadar hormon seks mengurangi risiko asma. Pada wanita kadar testosteron ‘bebas’ yang berada pada kuartil tertinggi dibanding dengan kuartil terendah berkaitan dengan risiko mengalami asma 44 persen lebih rendah.