Mon. Jul 13th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Sepedaan Yuk! Ini Jalur Gowes di Jogja dengan Pemandangan Alam nan Sejuk

2 min read

 Hobi gowes atau sepedaan kini sedang booming, hal itu tampak dari media sosial yang berlomba-lomba pamerkan kegiatan bersepeda, baik itu untuk habiskan weekend, car free day hingga gowes sore di jalur kawasan alam nan sejuk.

Dengan menggunakan sepeda, selain sehat juga akan mengurangi polusi yang kian merusak udara di Jogja.

Nah, untuk kamu yang sedang berada di Jogja, bisa gowes menikmati keindahan dengan berkeliling menggunakan sepeda di beberapa titik yang dijamin pas untuk bersepeda. Jalur bersepedanya bukan beragam, ada jalur yang masih tergolong sepi dan memiliki pemandangan yang indah hingga yang menantang.

Ada beberapa rute bersepeda di Jogja yang umum dilalui oleh para ‘goweser’ baik individu maupun perorangan. Berikut Suara.com merangkum beberapa informasi mengenai rute bersepeda di Jogja yang bisa menjadi referensi

Jalur dari Alun-alun hingga Malioboro

Suasana malioboro pascaramai sejak akhir pekan kemarin, Senin (8/6/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]
Suasana malioboro pascaramai sejak akhir pekan kemarin, Senin (8/6/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Malioboro merupakan kawasan perkotaan jadi bagi kalian yang ingin bersepeda tidak akan menikmati indahnya pemandangan alam seperti jalur lainnya. Uniknya jika bersepeda di Malioboro kalian bisa lebih menikmati suasananya jika saat malam hari. Alunan musik jalanan dan lampu perkotaan akan menjadi sebuah kenikmatan khas bagi kalian.

Jalur Mangunan

Pinus Asri Mangunan. (Suara/Peter)
Pinus Asri Mangunan. (Suara/Peter)

Jalur Mangunan adalah sebuah kawasan dataran tinggi di Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul Jogja. Kawasan Mangunan adalah kawasan hutan pinus dan perkebunan buah yang berada di area tinggi. Nah jika kalian berniat bersepeda ke sana, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan alam hutan yang asri dan sejuk.

Jalur Gunung Kidul

Ilustrasi pesepeda perempuan (Unsplash/Blubel)
Ilustrasi pesepeda perempuan (Unsplash/Blubel)

Jalur lintas selatan Gunung Kidul berada di pinggiran pantai-pantai gunung kidul. Asyiknya traveler bersepeda diiringi hembusan angin yang kencang, dan pemandangan tebing bebatuan dan pemandangan area perkebunan menjadikan jalur ini sangat keren dan unik.

Jalur ini bisa dijadikan rekomendasi bagi kalian yang berniat sepedaan di daerah Gunung Kidul Jogja. Treknya yang beraspal panjang, banyak kelokan kadang menanjak dan menurun.

Trek Klangon

Jalur atau Trek Klangon. Kawasan Klangon atau dikenal Klangon Hill merupakan tempat dataran tinggi dan berada di bawah lereng gunung merapi. Kawasan ini terletak di Cangkringan Kabupaten Sleman Jogja bagian ujung utara. Travelr akan dimanjakan pemandangan wawasan wisata yang dijadikan tempat camp, perkemahan, maupun offroad ini juga telah tersedia jalur atau trek untuk bersepeda alias downhill.

Prambanan

Suasana sepi di Candi Prambanan pada Jumat (20/3/2020), usai PT TWC memberlakukan penutupan sementara karena wabah corona. - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)
Suasana sepi di Candi Prambanan pada Jumat (20/3/2020), usai PT TWC memberlakukan penutupan sementara karena wabah corona. – (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Start dari Candi Sambisari, kamu bisa melakukan perjalanan menuju ke arah timur yaitu dengan destinasi akhir Candi Prambanan dengan bersepeda. Di sekitar daerah Kalasan Anda akan menemukan sawah-sawah yang menyejukkan mata.

Jadi selain gowes juga bisa melihat Candi Prambanan sembari berfoto, apalagi kalau dilakukan di pagi hari saat cuaca bagus, bikin hasil potret makin bagus dengan awan cerah jadi latar saat di Prambanan.

Baca juga !