Thu. May 28th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

RS Corona di Pulau Galang untuk Pasien Kategori Ringan hingga Sedang

1 min read

JAKARTA – Kesiapan rumah sakit darurat khusus untuk pasien Covid-19 di Pulau Galang, Kepulauan Riau (Kepri) sudah hampir rampung. Rumah sakit yang berjarak tempuh sekira 30 menit dari Kota Batam itu diharapkan dapat resmi beroperasi pada Senin, 6 April 2020 mendatang.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan, rumah sakit ini dipersiapkan untuk menangani pasien corona dengan kategori ringan hingga sedang. Selain itu, rumah sakit tersebut juga dikhususkan bagi pasien positif yang berasal dari luar negeri.

“Sudah ditetapkan juga di sana (RS Pulau Galang) untuk pasien kategori ringan sampai dengan sedang,” kata Yudo dalam konferensi pers di Gedung Graha BNPB yang disiarkan via YouTube BNPB, Jumat (3/4/2020).

“Ini dikhususkan untuk pasien dari luar negeri, yaitu migran diutamakan. Namun, jika nanti (pasien) migran tidak ada, maka bisa digunakan untuk masyarakat khususnya dari rumah sakit di sana yang tidak bisa menampung (pasien). Sehingga bisa digunakan rumah sakit darurat di Pulau Galang ini,” tambahnya.

 

Dia menambahkan, kesiapan Rumah Sakit Darurat Khusus Covid-19 di Pulau Galang tersebut sudah mencapai 96 persen. Ada beberapa renovasi yang dilakukan, mengingat bangunan tersebut merupakan bekas tampat penampungan eks pengungsi Vietnam.

“Saat ini dilaksanakan persiapan untuk merekrut personel TNI-Polri maupun sukarelawan yang saat ini sudah berjumlah 77 orang yang sudah siap. Termasuk sarana prasarana peralatan medis sedang kita mobilisasi, kita ajukan ke Kemenkes, BUMN, BNPB. Diharapkan tanggal 6 (April) nanti rumah sakit darurat Pulau Galang sudah bisa dioperasionalkan,” pungkasnya.

Baca juga !