Sun. Sep 20th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Rossi Harap Aspek Keselamatan MotoGP Terus Ditingkatkan

1 min read

TAVULLIA – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, berharap aspek keselamatan di MotoGP, terutama di sirkuit, terus ditingkatkan. Sebab, ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu masih merupakan olahraga dengan risiko yang amat tinggi.

Sebagai pembalap yang malang melintang di MotoGP sejak 2000, Valentino Rossi mengakui aspek keselamatan dari sisi teknis sudah jauh meningkat. Beberapa aspek yang diklaim lebih baik dari masa lalu adalah kualitas jaket pelindung tubuh dan helm.

Valentino Rossi berharap jarak antara sirkuit dengan pembatas dibuat lebih memadai (Foto: Yamaha MotoGP)

Pada era sekarang, setiap pembalap MotoGP wajib memakai kantung udara di bagian belakang jaket dan pelindung dada di dalam. Namun, hal itu dianggap Valentino Rossi belum cukup karena aspek keselamatan di sirkuit juga perlu ditingkatkan, salah satunya run-off area.

“Menurut saya, kami semua sudah bekerja keras untuk keselamatan dengan Komite Keselamatan MotoGP sejak 2003. Kami sudah berhasil meningkatkan keamanan dan peralatan balap. Sekarang ada beberapa langkah yang wajib dipatuhi, seperti kantung udara dan pelindung dada,” urai Valentino Rossi, dikutip dari Motorsport Total, Rabu (15/1/2020).

“Kualitas helm sudah jauh meningkat dibanding pada dekade 1990. Akan tetapi, kita juga harus meningkatkan keselamatan di sirkuit. Kami sedang bekerja keras untuk menambah zona pengaman di sirkuit karena sangat penting. Bodoh rasanya kalau kita tidak menyentuh aspek itu,” imbuh pembalap berkebangsaan Italia tersebut.

Jarak yang memadai memungkinkan pembalap terhindar dari benturan keras dengan pembatas (Foto: MotoGP)

Jarak run-off area memang perlu diatur karena pembalap biasanya akan meluncur bebas setelah terjatuh dari motor. Jika gravel dan run-off area terlalu pendek dengan pembatas, bukan tidak mungkin pembalap mendapat cedera yang lebih parah akibat efek benturan.