Mon. Jan 18th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Riza Patria Terpilih, Ini Tahapan Sebelum DKI Sah Punya Wagub Baru

2 min read

Jakarta –

DKI Jakarta akan segera punya Wakil Gubernur (Wagub) definitif. Masih ada sejumlah tahapan yang harus dilalui sebelum Ahmad Riza Patria sah mendampingi Anies Baswedan memimpin Jakarta.

Riza akan resmi menjadi Wagub DKI jika sudah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun sebelumnya, panitia pemilihan di DPRD DKI Jakarta harus mengirimkan usulan nama Riza Patria sebagai Wagub DKI kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Kan melewati Mendagri ya, nanti kita lanjutkan kepada Presiden, berkas hasil paripurnanya itu. Setelah nanti ke Presiden, Presiden nanti menerbitkan Keppres tentang Wagub, kan itu di undang-undang diatur begitu,” kata Kapuspen Kemendagri, Bahtiar, kepada wartawan, Senin (6/4/2020).

“Setelah Keppres nanti dilakukan pelantikan, yang melantik Wagub itu kan Presiden,” imbuhnya.

Bahtiar memastikan Kemendagri akan segera meneruskan surat dari DKI kepada Presiden Jokowi. Namun, soal teknis pelantikan di tengah wabah virus Corona ini, Bahtiar menyerahkannya kepada protokol Istana.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Bahtiar.Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Bahtiar. Foto: Rahel Narda/detikcom

“Kan prinsipnya harus ada jaga jarak, ya kan, kan teknis itu. Apakah pakai teknologi, atau seperti apa. Kan gitu bisa aja kan. Selama ini rapat-rapat di kabinet selama ini kan sudah pakai teknologi kan. Inspirasinya misalnya dari edaran BKN itu, pelantikan pejabat itu bisa melalui teknologi. Tapi prinsip-prinsip itu pasti diperhatikan, jaga jarak terus kondisi sekarang,” ujarnya.

Menurut Bahtiar, keputusan soal pelantikan Riza sepenuhnya menjadi kewenangan Presiden Jokowi. Meski nantinya pelantikan akan digelar di luar kondisi normal, menurut Bahtiar, hal itu tidak akan mengurangi substansi pelantikan Riza sebagai Wagub DKI.

“Iya bisa saja (segera dilantik). Soal teknis saja kan tidak mempengaruhi substansi kan. Soal teknis pelantikannya. Substansinya bahwa beliau akan sah dilantik sebagai wakil gubernur kan setelah ada Keppres, Keppres itu terhitung nanti sejak pelantikan. Tata cara pelantikannya dengan (protokol) COVID-19, bagaimana caranya, itu kan teknis ya,” jelas Bahtiar.

Sebelumnya, Ahmad Riza Patria dari Gerindra terpilih sebagai Wagub DKI Jakarta dalam rapat paripurna di DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4). Riza unggul dengan perolehan 81 suara.

Riza mengalahkan rivalnya, Nurmansjah Lubis, dari PKS. Nurmansjah memperoleh 17 suara dari 100 anggota DPRD DKI yang hadir dalam pemilihan.

Baca juga !